Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Jokowi Diminta Evaluasi Dunia Pendidikan Indonesia

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mengevaluasi dunia pendidikan di Indonesia sekaligus memastikan bahwa hanya orang-orang yang kompeten dan memiliki visi besar tentang kebangsaan yang berada di dalamnya.

"Presiden harus punya keberanian untuk mengevaluasi dan mengisinya dengan orang-orang yang layak dan memiliki visi besar tentang keummatan dan kebangsaan," kata Ketua Umum Pengurus Besar (PB) HMI Arief Rosyad Hasan di Jakarta, Minggu (3/5/2015).

Menurut dia, dalam enam bulan pemerintahan meskipun APBN belum sepenuhnya bisa dilaksanakan namun seharusnya sudah tergambar kebijakan dan harapan untuk kembali memastikan pendidikan di Tanah Air sudah "on the track". Apalagi, peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) sejak awal dijanjikan Pemerintah sebagai agenda prioritas.

Hal itu tercermin dalam kebijakan pemerintah ketika mengubah nomenklatur beberapa kementerian termasuk dibentuknya Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan. Selain itu juga dengan memecah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menjadi dua kementerian yang berbeda.

"Sayangnya hingga hari ini belum terdengar apalagi terlihat gebrakannya. Padahal diisi oleh orang-orang yang bagi Presiden cakap di bidangnya," katanya.

Oleh karena itu, menurut dia, momentum Hari Pendidikan Nasional harus dimaknai sebagai upaya untuk mengejar ketertinggalan pencapaian di dunia pendidikan Indonesia. "Pemerintah harus memastikan bahwa pendidikan kita berjalan sesuai jalurnya," katanya.

Ia berpendapat, pendidikan sebagai benih untuk membebaskan, membentuk kepribadian dan menguatkan kepemimpinan.

"Jadi sudah tidak relevan lagi pendidikan dijadikan sebagai 'lip service' oleh para pemangku kebijakan dalam hal ini pemerintah," katanya.

Arief mengatakan, pendidikan harus pada tugasnya memanusiakan manusia hingga mampu mencerdaskan kehidupan bangsa. (Ant)

Baca Juga: Tegas! Bule Inggris Eks Napi Narkoba Diusir dari Bali

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: