Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Toyota Indonesia: Timur Tengah Tetap Menjanjikan

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (Toyota Indonesia) menjelaskan kawasan Timur Tengah tetap menjadi pasar ekspor yang menjanjikan, meski beberapa negara di daerah tersebut sedang dilanda konflik dan perang.

Direktur Korporasi dan Hubungan Eksternal Toyota Indonesia I Made Dana Tangkas menjelaskan bahwa pada kuartal I-2015 negara yang berkontribusi besar dalam penyerapan ekspor mobil merek Toyota adalah negara-negara yang berasal dari Timur Tengah.

"Kalau dari negara ada dari Arab Saudi dan Uni Emirat Arab (UEA). Sekitar 75 persen pasar kita memang di Timur Tengah," katanya di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Made Dana menjelaskan konflik dan perang yang terjadi di Timur Tengah tidak terlalu berpengaruh pada ekspor Toyota Indonesia karena negara Timur Tengah yang menjadi tujuan ekspor Toyota Indonesia tidak mengalami gejolak sosial dan politik.

"Negara lain masih aman seperti UEA, Bahrain, dan Qatar. Jadi, dampak masih belum ada. Sejauh ini masih oke. Tidak ada dampak bagi Arab Saudi," pungkasnya.

Sedangkan, ia mengungkapkan negara yang sedang mengalami konflik di Timur Tengah seperti Yaman tidak memberi kontribusi terlalu banyak dalam penyerapan mobil Toyota Indonesia sehingga tidak memberi pengaruh terlalu besar terhadap kinerja ekspor secara keseluruhan.

"Sementara Yaman dan negara perbatasan Arab Saudi lainnya memang pasarnya masih kecil jadi tidak berpengaruh secara langsung dari jumlah ekspor kami dengan kondisi politik mereka yang sekarang lagi panas," pungkasnya.

Pada kuartal I-2015 Toyota Indonesia sukses memenuhi permintaan ekspor kendaraan bermerek Toyota dalam bentuk utuh atau completely built up (CBU) sebesar 44.000 unit atau naik 30,3 persen dibandingkan periode yang sama pada 2014 sebesar 33.800 unit.

Mobil merek Fortuner tetap menjadi kontributor terbesar dari ekspor Toyota (31,11 persen) dengan jumlah mencapai 13.763 unit atau naik 14,70 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Kemudian diikuti ekspor Vios dengan kontribusi 23,16 persen berjumlah 10.247 unit atau naik lebih dari 200 persen dibandingkan kuartal I-2014. Kijang Innova memberikan kontribusi sebesar 8,91 persen dengan jumlah 3.934 unit, naik 2,60 persen dibandingkan kuartal I-2014. Sisanya sebanyak 16.124 unit berasal dari ekspor Avanza, Rush, Town, Agya, dan Yaris.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Cahyo Prayogo
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: