Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

BCA Lanjutkan Tanam Mangrove di Lamujung, Aceh Besar

Warta Ekonomi -

WE Online, Aceh - Sebagai ungkapan syukur atas pertambahan usia yang ke-58, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) melakukan berbagai rangkaian kegiatan sosial. Melalui program Bakti BCA, pada tanggal 29 April, BCA bersama organisasi lingkungan World Wide Funds for Nature (WWF) Indonesia melaksanakan penanaman bibit mangrove di Desa Lamujung, Kecamatan Baitussalam, Aceh Besar Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Penanaman bibit Mangrove secara simbolis dilakukan oleh Kepala Pendukung Operasi BCA Kantor Wilayah V Irsanto, Koordinator Program Restorasi WWF Dudi Rufendi, dan perwakilan pemerintah daerah setempat.

Irsanto mengatakan, "Pada Sabtu (2/5/2015) kami melakukan penanaman bibit Mangrove di Desa Lamujung, Aceh Besar. Kegiatan ini merupakan bagian dari ungkapan rasa syukur atas 58 tahun usia BCA. Kegiatan yang kami lakukan pada hari ini merupakan tindak lanjut dari penanaman pohon yang telah kami laksanakan di Ekowisata Mangrove di kawasan Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara dan sejumlah wilayah lainnya. Kegiatan ini diharapkan mampu membantu merehabilitasi kawasan Mangrove di kawasan ini," katanya.

Penanaman Mangrove dilakukan terhadap bantaran sungai dan tambak seluas 2 hektar. Jenis-jenis Mangrove yang akan ditanam adalah Avicennia sp. Penanaman mangrove di Desa Lamujung ini dilakukan dengan bekerjasama dengan kelompok masyarakat Lamujung, Aceh Besar. Manfaat yang dihasilkan dari Mangrove jenis Avicennia sp antara lain, buahnya yang asam dapat langsung dimakan atau untuk dibuat cuka.

"Selain manfaat ekonomis tersebut, keberadaan tanaman mangrove ini nantinya akan memberi dampak positif terutama mencegah abrasi air laut di wilayah pesisir dan juga terhadap kelangsungan biota di perairan pesisir. Selain itu, mangrove ini juga dapat meningkatkan populasi biota air yang sangat bermanfaat bagi petani tambak," ujar Irsanto.

Penanaman pohon mangrove ini merupakan bagian dari program NEWtrees yang dicanangkan oleh WWF. Program ini berorientasi pada perbaikan fungsi ekosistem prioritas di tingkat bentang alam. Program NEWtrees juga sejalan dengan upaya yang sedang dilakukan oleh pemerintah dalam mengintegrasikan pembangunan sektoral dengan daya dukung lingkungan. Program NEWtrees turut mendukung dan berkontribusi mewujudkan komitmen pemerintah untuk menurunkan emisi gas rumah kaca sebesar 26% pada tahun 2020 melalui perbanyakan penanaman pohon dan reforestasi.

Rangkaian kegiatan penanaman Mangrove telah dimulai oleh BCA dengan penanaman yang dilaksanakan di kawasan Ekowisata Mangrove, Pantai Indah Kapuk Jakarta, Blanakan (Subang), Tanggamus (Lampung), Muara Kali Opak (Jogjakarta), dan Teluk Lamong (Surabaya). Selanjutnya, BCA  akan melaksanakan penanaman Mangrove di sejumlah tempat, seperti Muara Gembong (Jawa Barat), Wringin Putih (Banyuwangi), Pejarakan (Bali), dan Bengkayang (Kalimantan Barat). Total bibit pohon Mangrove yang ditanam mencapai 18.000 bibit.

Selain penanaman Mangrove di 9 wilayah, BCA juga melaksanakan berbagai program CSR sebagai bagian dri ungkapan rasa syukur HUT ke-58, seperti melaksanakan pemeriksaan mata gratis dan donasi kacamata kepada siswa sekolah binaan di Serang, Yogyakarta dan Lampung, peresmian dan pengobatan gratis di Klinik Bakti Medika dan Duri Utara, pengobatan gratis kepada 3 desa binaan di Yogyakarta, operasi katarak bagi masyarakat tidak mampu di RS Medika Lestari, Ciledug dan edukasi lingkungan “BCA Green Stage” bersama WWF Indonesia dan Borneo Orangutan Survival Foundation (BOSF).

"Kami ingin memanfaatkan momentum HUT ke-58 untuk berbagi kepada sesama. Semoga apa yang kami berikan bisa bermanfaat dan membantu menciptakan lingkungan masyarakat yang sehat dan sejahtera," tutup Irsanto.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Achmad Fauzi
Editor: Achmad Fauzi

Advertisement

Bagikan Artikel: