Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kepala Daerah Harus Nasionalis

Warta Ekonomi -
 

WE Online, Ratahan - Pada kepala daerah harus memiliki jiwa nasionalis dalam memimpin daerahnya dengan tidak mengutamakan kepentingan golongan, kata Anggota DPR RI Ahmad Basarah.

"Menjadi seorang kepala daerah, jangan hanya menjadi pemimpin bagi golongan dirinya berasal, ini dapat menimbulkan perpecahan di antara masyarakat," katanya di Ratahan, Senin (4/5/2015).

Dia mengatakan sudah menjadi tugas dan kewajiban setiap kepala daerah untuk menjadi pemimpin bagi masyarakat yang berasal dari berbagai macam latar belakang.

"Makanya semua pemimpin atau kepala daerah itu haruslah orang nasionalis, dan jika itu diingkari maka tidak lagi sesuai dengan sejarah bangsa ini," kata Basarah.

Dia mencontohkan peran para pendiri bangsa yang mempunyai jiwa nasionalis meski berasal dari berbagai latar belakang suku, agama, dan daerah.

Mereka, katanya, harus mempunyai komitmen yang kuat dalam menjaga keutuhan NKRI.

"Seperti jasa dari Pak Maramis dari Sulawesi Utara, dan tokoh-tokoh Indonesia timur lainnya, yang memintakan persamaan, sehingga saat ini kita bisa bersama sebagai saudara sebangsa," katanya.

Oleh karena itu, dia meminta para kepala daerah saat ini yang harus bersikap sebagai sosok pemimpin yang nasionalis.

"Dan menjadi tanggung jawab kita semua untuk menjadi orang-orang nasionalis, untuk tetap menjaga bangsa ini dari perpecahan," kata Basarah. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Sucipto

Advertisement

Bagikan Artikel: