Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ini Cara Bulog Optimalkan Penyerapan Beras

Warta Ekonomi -

WE Online, Semarang - Bulog Divisi Regional Jawa Tengah memanfaatkan "jaringan semut" untuk menyerap beras dari kalangan petani sehingga penyerapan bisa lebih optimal.

"Kami tidak hanya melibatkan mitra kerja yang sudah berskala besar tetapi juga mitra kerja yang skala kecil, salah satunya gapoktan," kata Kepala Bulog Divre Jateng Damin Hartono di Semarang, Senin (4/5/2015).

Menurut dia, apa yang dilakukan tersebut memberikan dampak positif terhadap volume penyerapan beras mengingat target yang harus dipenuhi khusus untuk regional Jawa Tengah mencapai 350 ribu ton. Untuk menyerap beras dari "jaringan semut" tersebut, pihaknya membentuk tim satuan tugas (satgas) yang ada di setiap kabupaten/kota.

Tugas dari satgas yang masing-masing timnya berjumlah 4-5 orang tersebut, mengumpulkan beras kualitas asalan dari "jaringan semut".

Selanjutnya, katanya, beras tersebut diolah agar masuk sesuai dengan kriteria yang sudah diterapkan pada Instruksi Presiden Nomor 5 Tahun 2015, yang salah satunya mengenai kadar air dan tingkat patahan beras.

"Untuk kadar air tersebut berarti harus ada proses pengeringan sehingga kadar air bisa mencapai 14 persen, kalau untuk tingkat patahan ya harus ada proses ayakan terlebih dahulu," katanya.

Untuk proses pengolahan beras dari kualitas asalan menjadi kualitas yang sesuai dengan inpres tersebut, membutuhkan waktu sekitar satu minggu. Menurut dia, hal itu wajar mengingat pengeringan tidak bisa dilakukan secara cepat karena bisa berdampak buruk, yaitu beras menjadi mudah rapuh.

Untuk melakukan tugas tersebut, satgas tidak hanya bekerja sendiri, tetapi juga bekerja sama dengan UPGB (Unit Pengolahan Gabah Beras) yang juga berada di bawah naungan Bulog.

"Dalam kesehariannya, UPGB ini khusus melakukan penyerapan beras kualitas premium, namun sifatnya lebih fleksibel ketika harus bekerja sama dengan satgas untuk melakukan penyerapan beras untuk kebutuhan raskin," katanya. (Ant)

Baca Juga: Pria Buleleng Diringkus usai Curi Tabung Gas-Barang Elektronik

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: