Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Jokowi Janji Perbaiki Layanan Kesehatan KIS

Warta Ekonomi -

WE Online, Sleman - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berjanji akan segera memperbaiki layanan kesehatan bagi pemegang Kartu Indonesia Sehat (KIS).

"Saya tidak menutup mata masih ada pelayanan yang belum baik, ini akan dibenahi Menkes," kata Presiden Jokowi saat membagikan KIS dan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) serta Kartu Indonesia Pintar (KIP) di Desa Taman Martani Kalasan, Sleman, DIY.

Ia menambahkan, masih banyak rumah sakit dengan dokter dan perawat belum memberikan pelayanan yang ramah kepada para pasien pemegang KIS. Oleh karena itu, ia meminta agar masyarakat melaporkan kepada Pemerintah, terutama Menkes jika tidak mendapatkan pelayanan yang baik di rumah sakit.

"Kalau di rumah sakit tidak dilayani dengan baik oleh perawat atau dokter, tolong dilaporkan ke Bu Menkes. 'Yen mboten mandhi' (kalau tidak mempan) baru dilaporkan ke saya," katanya.

Ia menyatakan tidak ingin ada rakyat yang dilayani tidak baik oleh rumah sakit karena membawa KIS. "Ini juga bayar, negara yang bayar jadi 'mboten' gratisan," katanya. Namun ia berpesan kepada pasien KIS untuk berobat secara berjenjang atau terlebih dahulu ke Puskesmas.

Ketika Puskesmas memberikan rujukan baru pasien berobat ke rumah sakit. "Jangan hanya karena batuk-batuk flu langsung ke rumah sakit, nanti rumah sakit penuh malah yang sakitnya berat bisa tidak terlayani," katanya.

Presiden juga menegaskan akan meminta lebih banyak rumah sakit swasta untuk bekerja sama dengan BPJS Kesehatan agar bisa melayani pemegang KIS.

Pada 2015, BPJS Kesehatan bersama Kementerian Sosial dan Kementerian Kesehatan, melanjutkan penerbitan dan pendistribusian hampir 82 juta Kartu, atau tepatnya 81.973.990 Kartu Indonesia Sehat untuk segmen peserta PBI. Pada Mei 2015, sebanyak 82 juta KIS PBI mulai didistribusikan secara bertahap. (Ant)

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Achmad Fauzi

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: