Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Tinjau UN, Mendikbud Bersyukur Semua Persiapan Lancar

Warta Ekonomi -

WE Online, Solo - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan melakukan sidak pada hari pertama pelaksanaan ujian nasional (UN) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) di SMP Negeri 10 Solo, Jawa Tengah, Senin (4/5/2015).

"Hari ini ada 3,9 juta siswa yang mengikuti UN tingkat SMP, dan kita bersyukur karena bapak ibu guru bisa menjaga integritas dan dari sisi persiapan pelaksanaan tidak ada keterlambatan," kata Anies Baswedan disela-sela sidak di SMP Negeri 10 Solo tersebut.

Mendikbud mengatakan pentingnya menjaga integritas dalam pelaksanaan UN. Jika ada kebocoran soal UN, jangan hanya diam dan mendiamkan saja.

Ia mengatakan di republik ini banyak masalah, UN banyak kebocoran. Ini bukan karena banyak orang jahat, tetapi banyak orang baik yang diam dan mendiamkan. Mereka yang membocorkan UN bukan saja pembocor tetapi pengkhianat.

Dikatakan persiapan pelaksanaan UN tingkat SMP berjalan lancar. Tidak ada keterlambatan dalam distribusi naskah soal. Termasuk kendala alam, juga bisa tertangani dengan baik.

Meskipun di Indonesia saat ini lebih dari 70 persen sekolah belum memenuhi standar minimal pelayanan pendidikan, tetapi yang terpenting sekolah bisa melaksanakan proses belajar mengajar. Jika sekolah sudah mampu melaksanakan proses belajar mengajar, maka sekolah tersebut sudah bisa melaksanakan UN.

Mendikbud mengatakan mulai tahun ini melaksanakan UN berbasis komputer atau CBT (Computer Based Test), dan jangan keliru menyebut dengan komputer terjadi kebocoran soal.

Ia mengatakan yang bocor itu justru yang kertas, karena kalau komputer servernya menyimpan ratusan naskah soal dan berbeda-beda soalnya. "Kita nanti menuju kesana semuanya, tetapi harus dibenahi juga infrastrukturnya," katanya. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Achmad Fauzi

Advertisement

Bagikan Artikel: