Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Balai Pustaka Adakan Pelatihan KPKU

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Kementerian BUMN RI telah menetapkan bahwa Kriteria Penilaian Kinerja Unggul (KPKU) wajib dilaksanakan oleh seluruh BUMN. Hal ini dimaksudkan untuk menilai kinerja dan performa BUMN itu sendiri. Difasilitasi oleh Forum Ekselen BUMN, PT Balai Pustaka (Persero) sebagai salah satu BUMN mengadaakan pelatihan KPKU bagi para pejabat di lingkungan PT BalaiPustaka (Persero) selama tiga hari, Selasa – Kamis, 28 – 30 April 2015.

Dalam waktu dekat PT Balai Pustaka (Persero) segera melakukan pelatihan tahap lanjutan bagi para peserta pelatihan KPKU, hal ini dilakukan untuk meningkatkan kompetensi para peserta yang nantinya dapat diterapkan dalam SOP atau sistem perusahaan. Dengan cara itu PT Balai Pustaka dapat meraih skor KPKU yang maksimal.

Ditemui di ruang kerjanya, Direktur Keuangan dan SDM PT Balai Pustaka (Persero) M. Yana Aditya menjelaskan tentang tujuan dan manfaat KPKU bagi PT Balai Pustaka (Persero). Bagi Adit, KPKU ini diharapkan dapat mendorong kinerja perusahaan ke arah yang lebih baik. "KPKU itu bagian dari pembenahan sistem di Balai Pustaka," kata Adit.

"Satu paket dengan evaluasi sistem penilaian kinerja SDM, KPI, struktur organisasi, SOP, dan juga job deskripsi," tambah Adit.

Karena itu Adit memilih secara selektif orang-orang yang cakap, potensial dan memiliki kompetensi untuk mengikuti pelatihan tersebut, termasuk pelatihan lanjutannya. “Kita pilihkan orang-orang terbaik untuk mengikuti pelatihan ini,” ujar Adit. "Agar nantinya mereka dapat menerapkan dan memberikan influence di unit kerjanya," sambung Adit.

Hingga kini proses perubahan sistem di Balai Pustaka terus dilakukan, mulai dari  penyempurnaan SOP, perbaikan metode penilaian kinerja SDM, KPI, dan lainnya terus berjalan. Untuk penilaian KPKU sendiri sedang berlangsung dan akan berakhir hingga bulan Juni 2015 ini.

"Berubahnya mekanisme kerja sesuai dengan cara-cara kerja modern akan berujung pada kinerja maksimal dan unggul," ungkap Adit.

Dengan serangkaian proses perubahan sistem yang dilakukan Balai Pustaka, Adit optimis akan meningkatkan performa dan capaian kinerja unggul perusahaan sehingga mampu bersaing di era MEA dan pasar bebas.

Sejak tahun 2012 Kementerian BUMN telah menetapkan bahwa Kriteria Penilaian Kinerja Unggul (KPKU) wajib dilaksanakan oleh seluruh BUMN. Hal ini dimaksudkan untuk menilai kinerja dan performa BUMN itu sendiri. Untuk itu PT Balai Pustaka (Persero) sebagai salah satu BUMN mengadaakan pelatihan KPKU bagi para pejabat di lingkungan PT Balai Pustaka (Persero) selama tiga hari, Selasa – Kamis, 28 – 30 April 2015.

KPKU adalah panduan dalam pengelolaan BUMN untuk membangun, menata dan memberdayakan kesisteman dan sumberdaya BUMN untuk mencapai kinerja unggul. KPKU juga dapat dijadikan sebagai alat untuk pelaksanaan self-assessment BUMN dan pemberian umpan balik kepada masing-masing BUMN.

KPKU sendiri diadaptasi dari sistem Malcom Bardrigde (K3MB) atau Malcolm Baldrige Criteria for Performance Excellence (MBCfPE). Sistem ini merupakan sistem penilai yang memperhitungkan aspek proses dan hasil. Metode ini telah diadopsi oleh puluhan ribu perusahaan di lebih dari 70 negara di dunia.

Malcolm Baldrige Criteria for Performance Excellence (MBCfPE) ini menilai kinerja perusahaan dari 7 (tujuh) aspek, yaitu : 1) Kepemimpinan; 2) Perencanaan Strategis; 3) Konsumen dan Fokus Pasar; 4) Informasi dan Analisis; 5) Fokus Sumber Daya Manusia; 6) Manajemen Proses; dan 7) Hasil Kerja.

Selain itu, KPKU memiliki tiga peran penting dalam memperkuat daya saing BUMN, pertama, membantu memperbaiki kapabilitas dan kinerja BUMN, baik finansial maupun non finansial; kedua, memfasilitasi komunikasi dan berbagi informasi mengenai praktik-praktik terbaik; dan ketiga, berfungsi sebagai alat kerja untuk memahami, mengelola kinerja dan untuk memandu perencanaan serta pembelajaran organisasi.

Pelatihan ini dibuka secara resmi oleh Direktur Utama PT Balai Pustaka (Persero) Saiful Bahri dan diikuti oleh 25 pejabat yang ada dilingkungan PT Balai Pustaka (Persero). Melalui pelatihan KPKU ini diharapkan PT Balai Pustaka (Persero) dapat meningkatkan kinerja dan performa perusahaan. Tahun 2015 ini PT Balai Pustaka (Persero) menargetkan skor KPKU 275.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Achmad Fauzi

Advertisement

Bagikan Artikel: