Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Wall Street Menguat Didorong Kenaikan Pesanan Pabrik AS

Warta Ekonomi -
 

WE Online, New York - Saham-saham di Wall Street berakhir lebih tinggi pada Senin (Selasa pagi WIB, 5/5/2015), karena berita kenaikan pertama pesanan pabrik AS dalam delapan bulan membantu mempertahankan momentum positif dari reli pekan lalu.

Dow Jones Industrial Average naik 46,34 poin (0,26 persen) menjadi ditutup pada 18.070,40.

Indeks berbasis luas S&P 500 menguat 6,20 poin (0,29 persen) menjadi berakhir di 2.114,49, sedangkan indeks komposit teknologi Nasdaq naik 11,54 (0,23 persen) menjadi 5.016,93.

Peter Cardillo, kepala ekonom pasar di Rockwell Global Capital, menandai keuntungan tersebut sebagai "momentum beli" setelah Departemen Perdagangan AS mengatakan pesanan baru untuk barang-barang manufaktur naik 2,1 persen pada Maret, setelah tujuh bulan berturut-turut menurun.

Saham-saham AS diperdagangkan di wilayah positif sepanjang hari. Kemajuan menandai keuntungan hari kedua berturut-turut setelah S&P 500 naik 1,09 persen pada Jumat.

Anggota Dow McDonald turun 1,7 persen setelah meluncurkan sebuah rencana perubahan haluan yang mereorganisasi bisnis internasional dan menjual lebih banyak perusahaan restoran miliknya kepada waralaba (franchisee). Analis mengatakan pembalikan penjualan lemah perusahaan bisa memakan waktu selama dua tahun.

Saham Cisco Systems, anggota Dow yang lain, maju 0,1 persen karena berita John Chambers akan mundur sebagai kepala eksekutif dan digantikan oleh Chuck Robbins, eksekutif lama di perusahaan jaringan itu. Chambers akan tetap menjadi ketua dewan dan menjadi ketua eksekutif.

Komponen Dow lainnya, Disney, naik tipis 0,5 persen setelah film superhero blockbuster-nya "Avengers: Age of Ultron" menjaring hasil mengejutkan 187,7 juta dolar AS dalam penjualan box-office pembukaan akhir pekan, mendekati rekor sepanjang masa 207,4 juta dolar AS yang diraih film "Avengers" sebelumnya.

Saham produsen minyak dan gas Pioneer Natural Resources turun 1,9 persen setelah manajer uang David Einhorn mengecam perusahaan pada konferensi investor untuk pengeluaran yang berlebihan pada "fracking".

Saham Time Warner Cable kembali bermain, meningkat 1,2 persen didorong meningkatnya ekspektasi bahwa Charter Communications sedang mencari merger. Pada 24 April, Comcast dan Time Warner menghentikan rencana merger mereka karena keberatan dari regulator antitrust. Saham Charter tidak berubah.

Harga obligasi jatuh. Imbal hasil pada obligasi pemerintah AS 10-tahun naik menjadi 2,13 persen dari 2,11 persen pada Jumat, sementara pada obligasi 30-tahun naik menjadi 2,87 persen dari 2,82 persen. Imbal hasil dan harga obligasi bergerak berlawanan arah. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Sucipto

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: