Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pesta Komik dan Cosplay re:Con 2015, Bangkitnya Ekonomi Kreatif

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta- re:ON Comics sukses mengelar pesta komik bertajuk re:On Comics Convention (re:Con) 2015 yang berlangsung di Margo City, Depok pada akhir April lalu. Duel komikus, lomba cosplay dan kehadiran cosplay tamu Liui Aquino dari Filipina telah lama dinanti-nanti  oleh  para"Reonites" alias para penggemar re:ON. 

Kemeriahan ini  membuat berbagai sudut Margo City dipenuhi para cosplay yang lebih banyak memilih karakter Galauman, Rama, Shinta dan Reon mereka berinteraksi dengan  para pengunjung yang sibuk berburu foto dengan para cosplay maupun komikus.

re:CON 2015 merupakan ajang pop culture yang memamerkan komik, live drawing, cosplay, talkshow, workshop, dan merchandise resmi dari berbagai karya cipta intelektual (IP) yang dikelola oleh penerbit re:ON Comics dan Caravan Studio-salah satu studio ilustrasi besar  dan tenamal di Asia Tenggara. Ini membuktikan bahwa komik Indonesia bisa menjadi penggerak industri ekonomi kreatif di Tanah Air. Komik Indonesia juga punya semangat tinggi untuk bangkit dan menjadi tuan rumah di negeri sendiri. 

Salah seorang pendiri re:ON Comics Chris Lie mengatakan, ajang ini memiliki  arti sangat penting dalam perjalanan sejarah komik Indonesia dan budaya kreatif populer di Indonesia karena mencoba mencari format baru dalam mempopulerkan komik karya komikus lokal. 

"Seperti impian teman-teman komikus Indonesia lainnya, kami ingin mengambil bagian untuk mendorong para komikus lokal Indonesia agar bisa unjuk gigi bahwa kita masih eksis dan siap bersaing dengan komikus luar," kata Chris. 

"Sekarang kami mencoba berdiri dan kita sadar industri kreatif kita harus disokong ramai-ramai oleh konsumen termasuk juga dari dunia usaha. Semua ini kami lakukan untuk ikut berperan serta membangun negara kita khususnya dari sisi ekonomi kreatif," imbuh Chris. 

 “Setidaknya kami telah memulai pendekatan-pendekatan baru namun tetap yang terpenting adalah kegigihan yang berkesinambungan untuk  senantiasa mencoba berbagai terobosan baru terutama dalam dari sisi pemasaran,” kata Andik yang bersama-sama Chris dan Yudha mendirikan re:ON Comics pada tahun 2013 lalu. 

Selain lomba cosplay pada re:CON 2015 ini diluncurkan juga re:On Comics volume 13, termasuk dua buku komik lepas yang sebelumnya diterbitkan di re:On, yaitu “Ramayana” karya Is Yuniarto dan “Me VS Big Slacker Baby” karya Annisa Nisfihani. 

 

 

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Sufri Yuliardi
Editor: Sufri Yuliardi

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: