Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ingin Kemajuan di Bandara Soetta, AP II Salurkan Pinjaman Lunak Rp815 Juta

Warta Ekonomi -

WE Online, Tangerang - PT Angkasa Pura II (Persero) Kantor Cabang Utama Bandara Soekarno-Hatta menyalurkan dana pinjaman lunak kepada 41 orang mitra binaan dalam program kemitraan tahap I tahun 2015, sebesar Rp815 juta.

Senior General Manager Kantor Cabang Utama Bandara Soekarno-Hatta, Zulfahmi, di Tangerang, Rabu (6/5/2015), mengatakan pemberian pinjaman lunak ini dilaksanakan dengan tujuan meningkatkan kemampuan usaha bagi masyarakat menengah ke bawah serta membangun kemandirian perekonomian masyarakat.

"Tentu kami ingin kemajuan yang ada di Bandara Soekarno-Hatta diiringi pula dengan kemajuan komunitas, khususnya masyarakat sekitar bandara," kata Zulfahmi.

Dibandingkan bunga pinjaman dari lembaga keuangan yang lain, lanjutnya, bunga dari dana pinjaman Program Kemitraan ini sangat kecil, yaitu sekitar enam persen per tahun dengan masa angsuran sampai dengan 24 bulan. Dana yang disalurkan dalam program kemitraan ini adalah dana bergulir, sehingga keberlangsungan kegiatan ini sangat tergantung pada tingkat pengembalian para mitra binaan.

"Jadi saya berharap para mitra binaan disiplin dalam pengembalian dana pinjaman, sehingga program ini dapat kembali bermanfaat bagi saudara-saudara kita yang lain," ujarnya.

Dari 41 orang penerima pinjaman, 20 di antaranya adalah mitra binaan baru dan sisanya adalah mitra binaan lama. Mitra binaan lama adalah mitra binaan yang telah selesai masa pengembalian pinjamannya, dan kembali diberikan kesempatan untuk memperkuat usahanya.

Dilihat dari jenis usahanya, para mitra binaan cukup variatif mulai dari usaha kuliner, pendidikan, warung kelontong, konfeksi, peternakan, furnitur, bengkel las hingga elektronika. Sejak program ini digulirkan tahun 2001, sudah ada 1635 mitra binaan yang terdiri dari warga Kota Tangerang sebanyak 857 orang dan warga Kabupaten Tangerang sebanyak 778 orang.

Selain program kemitraan, awal Maret lalu, PT Angkasa Pura II (Persero) juga telah melaksanakan serah terima program Bina Lingkungan meliputi satu pembangunan musholla SMPN 22 Tangerang, dua ruang sekolah PAUD dan Madrasah Ibtidaiyah, Pembangunan toilet di enam Sekolah Dasar, lima unit mobil perpustakaan keliling, tiga unit mobil jenazah, dua titik sarana air bersih dan MCK, 45 unit gerobak sampah, 25 unit motor pengangkut sampah dan lain-lain. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Achmad Fauzi

Advertisement

Bagikan Artikel: