Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kemenkes: Cegah Penyakit Infeksi dengan Cuci Tangan

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyatakan bahwa kebiasaan mencuci tangan serta penerapan pola hidup bersih dan sehat bisa menjadi salah satu upaya untuk mencegah penyakit infeksi seperti flu dan lain sebagainya.

"Untuk mencegah penyakit infeksi bisa dimulai dari hal yang simpel, seperti kebiasaan mencuci tangan," kata Staf Ahli Menteri Kesehatan bidang Perlindungan Faktor Risiko Sri Henni Setiawati pada seminar "Pengendalian Penyakit Menular di Indonesia sebagai Antisipasi dalam Era Perdagangan Bebas" di Jakarta, Rabu (6/5/2015).

Seminar tersebut digelar dalam rangka HUT ke-21 RS Penyakit Infeksi Sulianti Saroso sebagai RS khusus penyakit infeksi. Selain mencuci tangan, kebiasaan lain yang harus diterapkan oleh masyarakat adalah memakai masker penutup hidung dan mulut, terutama bagi yang berusia lanjut atau daya tahan tubuhnya sedang menurun.

"Masker juga dibutuhkan jika kita datang ke suatu wilayah yang banyak terpapar virus, kuman, atau bakteri," kata Henni.

Semua penyakit infeksi yang berasal dari kuman, virus, atau bakteri sangat tergantung pada kekebalan tubuh seseorang. Karena itu, penting menjaga kesehatan dan kekebalan tubuh dengan menjaga pola makan dan istirahat yang teratur.

"Ada orang yang terserang flu berminggu-minggu, ada yang hanya sehari, semua tergantung kekebalan tubuh masing-masing," katanya.

Oleh karena itu, media massa diminta untuk terus menyebarluaskan informasi mengenai pentingnya menerapkan pola hidup bersih dan sehat. "Juga mengenai kebiasaan mencuci tangan. Banyak orang yang belum membiasakan diri untuk mencuci tangan, padahal itu sangat penting sebagai salah satu upaya mencegah penyakit infeksi. Karena itu edukasi kepada masyarakat harus terus dilakukan," katanya. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Achmad Fauzi

Advertisement

Bagikan Artikel: