Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pengamat: Jaga Pertumbuhan Ekonomi di Atas 5,0%

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Pengamat ekonomi Universitas Gadjah Mada (UGM) A Tony Prasetiantono meminta pemerintah menjaga pertumbuhan ekonomi di atas 5,0 persen, kendati pada triwulan I-2015 mengalami perlambatan dengan hanya tumbuh 4,71 persen.

"Saya kira kepala lima saja (5 persen) itu batas psikologis ya. Karena kalau sampai di bawah itu akan menimbulkan sentimen yang negatif kepada investor atau pebisnis," ujar Tony di Jakarta, Rabu (6/5/2015).

Menurut Tony, tingkat pertumbuhan ekonomi di bawah lima persen dapat mengurangi kepercayaan (confidence) pasar dan pemerintah harus mengejar ketertinggalan tersebut di triwulan-triwulan berikutnya. "Saya kira masih bisa lah walau kemarin hanya 4,7 persen, tapi memang ibaratnya pemerintahan ini kan masih baru, start-nya masih lambat. Ada kendala nomenklatur kementerian juga, mudah-mudahan masih bisa dikejar," kata Tony.

Tony menuturkan target pertumbuhan ekonomi 5,8 persen yang dicanangkan pemerintah untuk tahun 2015 sudah tidak realistis lagi, karena harus tumbuh jauh lebih tinggi di atas enam persen untuk dapat mengejar melambatnya pertumbuhan ekonomi pada tiga bulan pertama.

"Jadi paling realistis ya kepala lima dan saya kira masih bisa karena biasanya spending di lebaran, dari sisi konsumsi naik, dan belanja pemerintah juga sudah mulai jalan. Tapi paling banter (paling tinggi) itu 5,2 persen untuk tahun ini, dengan harapan nanti di semester kedua digenjot ya," ujar Tony.

Sebelumnya Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suryamin pada Selasa (5/5) menyampaikan ekonomi Indonesia pada triwulan I-2015 tumbuh 4,71 persen secara tahunan (yoy) atau turun 0,18 secara kuartal (qtq).

Pertumbuhan ekonomi negara tujuan ekspor Indonesia seperti Tiongkok dan China yang melambat, harga minyak yang masih rendah dan kinerja ekspor impor yang menurun, dinilai sebagi faktor yang mempengaruhi kinerja ekonomi di triwulan I-2015. (Ant)

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Achmad Fauzi

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: