Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Garuda Targetkan Angkut 6.000 Jemaah Calon Haji

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk menargetkan bisa mengakut 6.000 jamaah calon haji khusus untuk tahun ini atau meningkat dari musim haji 2014 haya 4.900 jamaah calon haji khusus.

Manajer Senior Umroh dan Haji Plus Garuda Indonesia D Karnabi usai Pembiayaan Deposit Booking Seat dan Ticketing Ibadah Umrah dan Haji Khusus" di Jakarta, Rabu (6/5/2015), mengatakan upaya mengangkut lebih jamaah haji plus tersebut masih tergantung dari kuota yang diberikan oleh Kementerian Agama.

Karnabi mengatakan ia juga menargetkan tahun ini pangsa pasar akan meningkat hingga 40 persen dari sebelumnya 20-25 persen, artinya jumlah jamaah haji plus atau umroh yang diangkut untuk setiap musimnya, mencapai 165.000 jamaah dibandingkan 125.000 jamaah pada 2014.

"Prospeknya saya lebih optimistis tahun ini karena tren haji dan umroh sekarang ini sudah mulai bergeser, tidak hanya ibadah tetapi juga 'holiday' (liburan)," katanya.

Dia menyebutkan dalam satu minggu terdapat 21 penerbangan tiap minggunya yang melayani tujuan ke Jeddah dari Jakarta, Medan, Surabaya dan Makassar dengan tingkat keterisian sekitar 80 persen untuk pesawat berbadan besar sekelas Boeing 777-300 ER yang bisa memuat hingga 300 penumpang.

Dalam satu bulan, lanjut dia, nilai transaksi untuk penerbangan Jakarta-Jeddah mencapai sekitar Rp200 miliar.

Karnabi mengtakan meskipun fluktuasi rupiah-dolar AS masih bergejolak dan adanya pembatasan bisa karena revonasi Masjidil Harom, pihaknya mengaku tidak terlalu berpengaruh secara signifikan.

"Trennya naik terus karena bisnis ini unik, selama Ka'bah masih ada, maka akan berjalan terus, dan niat orang-orang itu 'kan untuk ibadah jadi tidak akan surut," katanya.

Selain itu, dia menambahkan selama pembayaran menggunakan dolar AS, masih dalam posisi aman, namun apabila menggunakan rupiah tidak tertutup kemungkinan akan dilakukan lindung nilai atau "hedging".

Karnabi menyebutkan saat ini mitra agen perjalanan haji dan umroh mencaai 400 agen di seluruh Indonesia, selain itu pihaknya mulai mengangkut dengan pesawat Tipe Airbus untuk embarkasi Medan, selain itu di Sumatera yang pasarnya meningkat, di antaranya Pekanbaru, Batam dan Banda Aceh.

Selain itu juga Makassar, Balikpapan, Banjarmasih dan Surabaya. Dia menambahkan dengan adanya kerja sama dengan Bank Syariah Mandiri dalam pembiayaan senilai Rp80 miliar untuk tahun ini, bisa meningkatkan lebih banyak jamaah calon haji yang terus meningkat. (Ant)

Baca Juga: Tegas! Bule Inggris Eks Napi Narkoba Diusir dari Bali

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Achmad Fauzi

Advertisement

Bagikan Artikel: