Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Keyakinan Konsumen Melemah

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Survei Konsumen Bank Indonesia (BI) menunjukkan bahwa keyakinan konsumen pada April lalu melemah. Meski masih ada di level optimis (>100), namun Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) April) turun sebesar 9,5 poin menjadi 107,4.

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Tirta Segara mengungkapkan bahwa pelemahan IKK tersebut didorong oleh penurunan kedua komponen pembentuknya, yaitu Indeks Kondisi Ekonomi (IKE) saat ini dan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) yang masing-masing turun sebesar 8,6 dan 10,3 poin dari bulan sebelumnya.

”Pelemahan IKE didorong oleh penurunan seluruh indeks pembentuknya. Perlambatan kenaikan penghasilan konsumen dan penurunan ketersediaan lapangan kerja pada April 2015 ditengarai mendorong konsumen untuk menahan pembelian barang tahan lama seperti telepon selular, televisi, lemari es, AC, mesin cuci, mobil, motor, dan lainnya,” ujar Tirta Segara di Jakarta, Rabu (6/5/2015).

Menurut dia, optimisme konsumen terhadap kondisi ekonomi 6 bulan mendatang juga melemah dari bulan sebelumnya. Indikasi tersebut tercermin dari Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) April 2015 yang mengalami penurunan sebesar 10,3 poin dari bulan sebelumnya menjadi 115,9.

"Faktor utama yang menyebabkan pelemahan optimisme responden terhadap kondisi ekonomi 6 bulan mendatang adalah perkiraan masih melambatnya pertumbuhan ekonomi pada 6 bulan mendatang, kemudian meningkatnya potensi tekanan kenaikan harga dan semakin ketatnya penyaluran kredit perbankan," jelas dia.

Hasil survei juga mengindikasikan bahwa konsumen memperkirakan tekanan kenaikan harga pada Juli 2015 semakin meningkat sejalan dengan tingginya permintaan menjelang Hari Raya Idul Fitri.

”Meningkatnya tekanan kenaikan harga diperkirakan terjadi pada semua kelompok komoditas, dengan kenaikan tertinggi pada kelompok transportasi, komunikasi, dan jasa keuangan,” imbuhnya.

Sementara itu, untuk kondisi 6 bulan mendatang (Oktober 2015), responden memperkirakan peningkatan jumlah tabungan yang tidak setinggi bulan sebelumnya. Hal tersebut terindikasi dari indeks perkiraan jumlah tabungan 6 bulan mendatang sebesar 127,5, turun 9,4 poin dari indeks bulan sebelumnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Achmad Fauzi

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: