Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pengelolaan Bangunan Publik Perlu Dapat Perhatian

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Maraknya pembangunan gedung-gedung di berbagai wilayah utamanya perkotaan di Indonesia menuntut adanya kebutuhan pada sistem pengelolaan yang baik dan efektif serta memperhatikan keberlangsungan lingkungan tidak terkecuali untuk bangunan-bangunan publik.

Direktur GMT Property Management Roby Kadati saat acara sosialisasi dan pendampingan bagi pengelola bangunan Sekolah Dasar se-Kecamatan Menteng dengan tema Pengelolaan Bangunan dan Lingkungan Sekolah yang Efektif di Jakarta, Rabu, mengatakan permasalahan yang akan dihadapi di bidang pengelolaan properti ke depannya adalah terkait pula dengan perkembangan fisik dan tipe bangunan yang ada dengan segala karakteristiknya.

Mulai dari desain bangunan, penggunaan material, hingga teknologi bangunan yang saat ini berkembang sangat pesat seiring maraknya konsep "green building", kata Roby.

Ia mengatakan perkembangan konsep "green building" mengharuskan pengelola properti untuk terus dan selalu menyesuaikan diri dengan kelestarian lingkungan yang juga ditunjang dengan kemampuan beradaptasi serta ditunjang dengan peralatan (tools) dan sistem yang memadai.

Untuk kegiatan sosialisasi dan pendampingan bagi pengelola bangunan Sekolah Dasar se-Kecamatan Menteng tersebut, ia mengatakan pihaknya berharap bangunan yang diperuntukkan bagi kepentingan masyarakat juga diperhatikan, sosialisasi, dan transfer ilmu tentang pengelolaan bangunan diharapkan juga bisa bermanfaat untuk para pengelolanya.

Dalam kegiatan yang melibatkan para kepala sekolah dasar dan guru penanggungjawab tersebut, Kasi Dinas Pendidikan Kecamatan Menteng Zaenal Muttaqin mengapresiasi atas bentuk perhatian perusahaan pada pengelolaan bangunan sekolah.

Menurut Zaenal, pengelolaan bangunan harus diperhatikan untuk mendukung kegiatan belajar mengajar yang efektif. Kegiatan semacam ini dapat diperluas karena sangat bermanfaat dan praktis dalam mengelola pemeliharaan, pengelolaan bangunan, dan lingkungan sekolah.

Selain sosialisasi dan pendampingan bagi pengelola bangunan SD se-Kecamatan Menteng, rangkaian kegiatan yang akan dilakukan lainnya adalah workshop pemeliharaan bangunan bagi pengelola rumah ibadah, kunjungan ke panti asuhan, donor darah hingga pelaksanaan seminar "Economic  Analysis of Building Maintenance". (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Achmad Fauzi

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: