Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Daihatsu Tembus Produksi Empat Juta Unit

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) sukses menembus angka produksi sebesar empat juta unit pada tahun 2015 ini. Pencapaian ini terhitung sejak produksi perdana pada tahun 1978 atau memasuki usia ke-37 tahun.

Direktur Manufaktur ADM Pongky Prabowo mengatakan bahwa pada saat ini ADM memiliki fasilitas perakitan kendaraan (assembly plant) di Sunter dan Karawang Timur dengan total kapasitas produksi mencapai 530.000 unit per tahun. Ia menambahkan ADM juga memiliki pabrik mesin (engine plant) di Karawang Barat.

"ADM memiliki fasilitas terpadu yang mampu melakukan semua proses produksi kendaraan meliputi proses 'stamping', 'welding', 'painting', dan 'assembling'. ADM menerapkan konsep (simple, slim, and compact) pada semua fasilitas produksinya," katanya dalam acara Konferensi Pers Pencapaian Produksi Keempat Juta Unit PT Astra Daihatsu Motor di Jakarta, Kamis (7/5/2015).

Pongky mengatakan ADM telah ditunjuk sebagai basis produksi kendaraan dengan merek Daihatsu dan Toyota untuk memenuhi kebutuhan kebutuhan pasar domestik dan ekspor. Saat ini produk ADM telah diekspor ke 48 negara tujuan di Asia, Timur Tengah, Afrika, dan Amerika Latin, termasuk ekspor Gran max ke Jepang, negeri yang selama ini dikenal ketat dalam menjaga kualitas. Ia mengatakan hal ini membuktikan bahwa kualitas produk ADM telah memenuhi standar kualitas global.

"Tingkat kandungan lokak produk-produk ADM secara rata-rata saat ini mencapai 86 persen. ADM bekerja sama dengan 261 perusahaan pemasok komponen lapis pertama (first tier) dan 1.105 pemasok komponen lapis kedua (second tier) yang melibatkan lebih dari 792.000 karyawan," jelasnya.

Ia menambahkan pencapaian empat juta unit ini disumbang oleh produk Daihatsu sebesar 2.076.546 unit (51,9 persen) dan Toyota sebesar 1.923.454 unit (48,1 persen).

"Meliputi produk Xenia/Avanza, Terios/Rush, Gran Max, Luxio, serta produk sebelumnya seperti Taruna, Feroza, Espas, Zebra, Taft, Delta, Classy, dan Charade," imbuhnya.

Sementara itu, Presiden Direktur ADM Sudirman MR menjelaskan pencapaian produksi hingga empat juta unit merupakan milestone penting ADM. Ia mengatakan prestasi ini tidak terlepas dari dukungan semua pihak, termasuk supplier, dealer, dan partner. Ia menambahkan komitmen positif para shareholder khususnya prinsipal berperan penting atas pencapaian ini.

"ADM terus melakujan proses transfer teknologi agar kelak putera-puteri bangsa memiliki kemampuan dalam rancang bangun produk otomotif nasional dengan kualitas global," pungkasnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Cahyo Prayogo
Editor: Achmad Fauzi

Advertisement

Bagikan Artikel: