Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

AP Ngurah Rai Rencanakan Optimalisasi 'Public Bus'

Warta Ekonomi -

WE Online, Kuta, Bali - PT Angkasa Pura Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali, akan mengoptimalkan penggunaan jasa transportasi bus umum melayani penumpang dan pegawai menuju bandara dari beberapa titik strategis.

"Kami memiliki rencana untuk mengoptimalkan lagi 'public bus' karena belum ada transportasi itu, kalaupun ada bus Sarbagita, masih belum optimal digunakan pengguna jasa bandara dan pegawai," kata Co-General Manajer PT Angkasa Pura I Bandara I Gusti Ngurah Rai, I Gusti Ngurah Ardita di Kuta, Kabupaten Badung, Senin (11/4/2015).

Menurut dia dari peluang tersebut pihaknya tengah melakukan diskusi dengan sejumlah instansi terkait guna mewujudkan sarana transportasi publik yang salah satunya untuk mengurangi kemacetan lalu lintas di sekitar kawasan bandara.

Ia menjelaskan bahwa pihaknya mengusulkan untuk dibuka tiga rute yang menuju bandara di antaranya Mengwi-Ubung-Bandara, Ubud-Sanur-Bandara dan Nusa Dua-Jimbaran-Bandara. Bus-bus itu nantinya hanya melayani tiga rute itu tanpa berhenti dengan bebas atau menaikkan dan menurunkan penumpang dengan bebas namun hanya dilayani pada halte-halte tertentu yang telah ditentukan.

Dengan adanya rute dan penentuan halte tersebut, diharapkan adanya kepastian waktu tiba di bandara sekaligus menguragi penggunaan lahan parkir yang sebagian besar dijejali oleh sepeda motor.

"Penggunaan sepeda motor cukup tinggi di bandara dan penumpang dari luar itu selalu bertanya mengenai bus publik," ucapnya seraya menambahkan bahwa meski ada angkutan massal bus Sarbagita, namun pelayanan tersebut masih dinilai belum bisa memberikan ketepatan waktu.

Saat ini pihaknya bersama dengan instansi terkait bidang transportasi menyangkut jumlah bus yang akan digunakan. Diharapkan dengan adanya sarana transportasi publik berupa bus itu maka masyarakat terutama calon penumpang dan pegawai di kawasan bandara memiliki pilihan moda transportasi umum.

"Kalau kami ingin secepatnya terwujud (bus publik) karena masih adanya keterbatasan lahan parkir di bandara," ucapnya. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Achmad Fauzi

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: