Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Termasuk Bencana, Ganjar: Pemprov Bantu Rp9 Miliar untuk Perbaikan Johar

Warta Ekonomi -

WE Online, Semarang - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mengalokasikan anggaran Rp9 miliar lebih untuk membantu pembangunan pasar sementara bagi para pedagang pascakebakaran Pasar Johar Semarang.

"Kalau asumsi, Solo (Pasar Klewer, red) kemarin kami bantu Rp9 miliar, mungkin ini lebih-lebih sedikit yang diambilkan dari pos dana tak terduga karena ini termasuk bencana," kata Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Semarang, Senin (11/5/2015).

Ganjar menjelaskan bahwa Pemprov Jateng menunggu pengajuan bantuan dari Pemerintah Kota Semarang untuk membangun pasar sementara bagi pedagang yang menjadi korban kebakaran Pasar Johar. "Saya lagi menunggu hitung-hitungan dari Pak Hendi (Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, red), untuk pasar sementara butuhnya berapa?," ujarnya.

Ganjar mengungkapkan bahwa pemerintah pusat tidak bisa terlibat dalam rencana pembangunan pasar sementara pascakebakaran Pasar Johar Semarang. "(Pemerintah) pusat memang tidak bisa terlibat kalau urusan (pasar) sementara sehingga nanti urusannya harus yang permanen," katanya.

Pasar Johar Semarang terbakar hebat pada Sabtu (9/5/2015) sekitar pukul 20.00 WIB dan menghanguskan setidaknya ribuan kios pedagang yang ada di pasar yang dibangun pada 1937 itu.

Angin yang bertiup kencang menyebabkan kebakaran terus merembet ke Pasar Yaik yang masih satu kawasan dengan Pasar Johar, dan api baru berhasil dikuasai pada Minggu (10/5/2015) pagi. Kebakaran yang diduga terjadi akibat hubungan arus pendek listrik itu diketahui pertama kali dari salah satu kios pakaian di pasar yang terdapat 1.000 pedagang dan dengan nilai transaksi uang mencapai belasan hingga puluhan miliar rupiah per hari.

Baca Juga: Tegas! Bule Inggris Eks Napi Narkoba Diusir dari Bali

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Achmad Fauzi

Advertisement

Bagikan Artikel: