Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Mau Tumbuh 7%? Bayu Krisnamurthi: Pertanian Harus Tumbuh 4,2-4,8%

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Mantan Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi menilai pemerintah harus bekerja keras mencari alternatif sumber pertumbuhan lain untuk menggenjot kembali nilai pertumbuhan ekonomi yang sempat jatuh pada kuartal I-2015, yakni 4,71%.

"Saya menghitung secara sederhana kalau Q1 2015 sebesar 4,7% maka Q2 dan Q3 di 2015 minimum 6%-6,2%. Kalau tidak, tidak mungkin sampai 5,7%. Tidak akan kekejar. Dan bisa dibayangkan 6,2% mau bagaimana mencapainya? Apalagi sasaran nawacita Pak Jokowi adalah 7%," kata Bayu dalam Bedah Buku dan Diskusi Panel Ekonomi Pembangunan Pertanian di The Energy Building, Jakarta, Selasa (12/5/2015).

Lebih lanjut, Bayu menilai bahwa selain mendorong sektor infrastruktur dan investasi, sektor pertanian dapat menjadi alternatif pemerintah sebagai sumber pertumbuhan yang akan kembali mendorong nilai pertumbuhan. "Sektor pertanian sebenarnya bisa memberikan kontribusi untuk itu," tambahnya.

Untuk itu, jika pemerintah mau pertumbuhan 7% hanya bisa dicapai kalau pertanian tumbuh 4,2-4,8%. "Tanaman bahan makanan harus tumbuh antara 4-5%, perkebunan tumbuh 5-5,5%, peternakan 4,5-5%, kehutanan 1-2%, perikanan 5-5,5%. Kalau ini tidak dilakukan rasanya target tersebut akan sulit dicapai," jelasnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: