Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ketersediaan Listrik di Jateng Capai 90 Persen

Warta Ekonomi -

WE Online. Jepara - Ketersediaan listrik atau elektrifikasi di Jawa Tengah pada 2015 mencapai 90 persen, kata Manajer Humas dan Bina Lingkungan PLN Distribusi Jateng dan Daerah Istimewa Yogyakarta Supriyono.

"Dengan demikian masih ada masyarakat yang belum menikmati listrik," ujarnya di Jepara, Jumat (15/5/2015).

Hingga kini, lanjut dia, masih ada beberapa kabupaten yang rasio elektrifikasinya belum mencapai angka 80 persen. Daerah yang rasio elektrifikasinya masih perlu ditingkatkan adalah Kabupaten Wonosobo, Demak, dan Jepara.

Khusus untuk Kabupaten Wonosobo, kata dia, diperkirakan baru mencapai 65 persen, sedangkan Kabupaten Jepara baru 75 persen.

PT PLN, kata dia, juga berupaya memperluas jaringan listrik di lokasi terpencil untuk melayani kebutuhan listrik masyarakat. Ia berharap pemerintah kabupaten juga ikut berperan aktif terkait ketersediaan jaringan listrik di daerah terpencil, khususnya dari sisi pelanggan.

Pada tahun ini, kata dia, tersedia anggaran hingga Rp300 miliar untuk perluasan jaringan di Jateng dan DIY. Selain berupaya meningkatkan rasio elektrifikasi, PT PLN juga berupaya menambah suplai energi listrik karena setiap tahun terjadi peningkatan kebutuhan daya listrik bagi pelanggan di Jateng dan DIY.

"Kami perkirakan kenaikan beban energi listrik setiap tahun mencapai 10 persen, sedangkan kebutuhan energi listrik saat ini mencapai 3.700 MW," ujarnya.

Tanpa ada pembangkit listrik yang baru, kata dia, tentu akan terjadi krisis energi listrik. Oleh karena itu, rencana pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Batang sangat diharapkan segera terealisasi. (Ant)

Baca Juga: Pria Buleleng Diringkus usai Curi Tabung Gas-Barang Elektronik

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: