Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Andrinof: Pembangunan Masyarakat Juga Perlu

Warta Ekonomi -

WE Online, Padang - Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Andrinof Chaniago mengatakan pembangunan suatu kawasan bukan hanya terkendala masalah infrastruktur fisik, tetapi juga pengembangan masyarakat.

"Banyak daerah potensial tidak hanya di Sumatera Barat, di provinsi lain dengan segala macam keunikannya penghalangnya bukan hanya kurangnya infrastruktur tetapi juga soal bagaimana menyiapkan masyarakat," katanya saat memberikan kata sambutan dalam pembukaan Mandeh Joy Sailing dan Festival Mandeh 2015, Sumatra Barat, Sabtu (16/5/2015).

Ia mengatakan pembangunan juga harus mengedepankan pengembangan dan pemberdayaan masyarakat. "Salah satu penyebab gagalnya destinasi wisata itu dikembangkan di sebagian besar daerah di Indonesia adalah karena kita gagal membangun masyarakat," tuturnya.

Menurutnya, pengembangan infrastruktur suatu kawasan akan sia-sia jika tidak didukung dengan pengembangan masyarakat yang merupakan tujuan utama dilakukannya pembangunan itu. "Kalau yang terakhir ini kita abaikan modal yang kita gunakan untuk membangun infrastruktur itu akan sia-sia," ujarnya.

Ia mengatakan pembangunan sosial dan kecerdasan masyarakat juga menjadi fokus pengembangan suatu wilayah.

"Jangan anggap enteng pembangunan sosial dan oembangunan manusia itu. Bangun kecerdasan otaknya kesehatan fisiknya tapi jangan lupa bngun mentalnya karakternya perilakunya," ujarnya.

Menurutnya, perilaku masyarakat tentu menjadi faktor penting dalam membangun kawasan wisata. Wisatawan akan mengedepankan rasa nyaman dan aman di daerah wisata. "Membangun nilai perilaku untuk sektor pariwisata adalah hal yang penting," tuturnya.

Selain itu, pembangunan kawasan wisata dengan masyarakat yang tidak melakukan berbagai tindakan yang mengganggu ketertiban umum dan hukum akan dilirik oleh investor.

"Salah satu yang diinginkan investor adalah rasa nyaman dan aman," ujarnya. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: