Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Gubernur: Pembangunan Harus Beriringan Pelestarian Lingkungan

Warta Ekonomi -

WE Online, Gorontalo - Gubernur Gorontalo Rusli Habibie mengatakan pembangunan infrastruktur harus disertai dengan upaya pelestarian lingkungan.

"Pembangunan harus terus berjalan beriringan dengan pelestarian lingkungan. Contohnya bagi kita di Gorontalo, sedapat mungkin pembangunan jalan lingkar luar Gorontalo kami upayakan untuk tetap menjaga lingkungan dengan memberikan ruang terbuka hijau," katanya, Senin (18/5/2015).

Selain itu pihaknya saat ini tengah berupaya untuk mengembalikan fungsi Danau Limboto, sebagai daerah resapan air dengan program penghijauan dari hulu hingga hilir. Ia menilai masalah pendangkalan danau tidak cukup diselesaikan di hilir tapi juga butuh sentuhan di hulu.

"Konsep kami dengan membuat penghijauan di danau dan di hulunya. Hutan yang gundul ditanami pohon lagi dengan melibatkan TNI. Saya harapkan tidak sekadar ditanam tetapi juga dijaga dan dirawat. Konsepnya sedang dimatangkan," ungkapnya.

Menurutnya masalah lingkungan khususnya menyangkut perubahan iklim menjadi tanggung jawab bersama oleh semua pihak. Namun, kata dia, pemerintah pusat dan daerah tidak bisa berbuat apa-apa tanpa adanya partisipasi dari masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda LSM maupun aktivis lingkungan.

"Intinya ada pada kesadaran dan kepedulian lingkungan yang dimulai dari diri kita sendiri. Berapa sering kita menanam pohon dan buang sampah pada tempatnya menjadi contoh kecil dari peran kita menjaga lingkungan," jelasnya.

Lebih lanjut ia mengungkapkan lingkungan tetap menjadi perhatian serius pemerintah daerah. Meskipun di satu sisi, masalah lingkungan kerap kali menjadi dilema bagi daerah yang baru membangun. Menurutnya, butuh regulasi dan "political will" yang kuat agar masalah lingkungan tetap menjadi prioritas.

Gubernur beberapa waktu lalu mengikuti Indonesia Climate Change Education Forum and Expo 2015 bertempat di JCC Senayan, Jakarta ICCEFE adalah forum dan pameran perubahan iklim terbesar di Indonesia yang dikembangkan, untuk mempromosikan keterlibatan serta peranan seluruh pemangku kepentingan sebagai solusi perubahan iklim.

"Forum ini sangat bermanfaat terutama bagi pemerintah yang ingin memperkuat political willnya di bidang lingkungan," tambahnya. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Achmad Fauzi

Advertisement

Bagikan Artikel: