Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

SBY: Pengungsi Rohingya Ujian bagi ASEAN

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menegaskan gelombang pengungsi dari Rohingya dan Bangladesh merupakan ujian bagi ASEAN untuk menangani masalah kemanusiaan tersebut.

"Tragedi ini merupakan ujian bagi ASEAN dan negara terkait lainnya, termasuk lembaga PBB untuk mencari solusi yang tepat dan segera," kata Yudhoyono dalam akun twitternya @SBYudhoyono yang dipantau di Jakarta, Senin (18/5/2015).

Ia mengatakan spontanitas dan bantuan kemanusiaan yang diberikan oleh masyarakat Aceh terhadap pengungsi Rohingya dan Bangladesh sangat mengharukan.

"Kondisi para pengungsi terutama orang tua dan anak-anak, apalagi yang masih terapung-apung di lautan sungguh memprihatinkan," katanya.

SBY mengatakan tidak adil kalau yang disalahkan adalah Indonesia, Malaysia dan Thailand. Tanggung jawab, kata SBY juga ada di tangan Myanmar dan Bangladesh.

"Diperlukan tindakan yang cepat dan tepat agar ratusan pengungsi itu tidak tewas di lautan. Setelah itu dicarikan solusi (jalan keluarnya) yang lebih permanen," katanya. (Ant)

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: