Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Bank Sumsel Babel Alokasikan 30 Persen Kredit untuk UMKM

Warta Ekonomi -

WE Online, Palembang - Bank Pembangunan Daerah Bank Sumsel Babel menggejot pembiayaan sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dengan mengalokasikan hingga 30 persen dari total dana kredit senilai Rp1,5 triliun pada 2015.

Direktur Utama PT Bank Sumsel Babel M Adil di Palembang, Selasa (19/5/2015), mengatakan, perhatian khusus pada sektor UMKM ini sebagai bentuk kepedulian perusahaan dalam menumbuhkan perekonomian sektor rill yang mulai menggeliat sejak beberapa tahun terakhir.

"Jika dibandingkan bank-bank lain, bisa dikatakan Bank Sumsel Babel yang tertinggi dalam penyaluran ke sektor UMKM. Pada tahun lalu berkisar 28-30 persen dari total kredit atau melampaui ketentuan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang mengharapkan hingga 21 persen," kata Adil yang dijumpai seusai menerima penghargaan "Marketeer of the Year Palembang 2015" dari sisi sektor perbankan.

Meski sudah melampaui ketentuan OJK, tapi Bank Sumsel Babel tidak mau berpuas diri mengingat terdapat ribuan pengusaha UMKM di daerah yang memerlukan bantuan tambahan modal. Terkait dengan dukungan modal ini, Bank Sumsel Babel memberikan produk khusus bagi UMUM dengan menyediakan batasan maksimal pinjaman hingga Rp1 miliar.

"Saat ini yang lagi banyak pinjaman dari usaha perdagangan, pertanian, perkebunan, terutama di kabupaten/kota. Selain itu banyak juga dari kalangan pengumpul untuk usaha ritel," kata Adil.

Ia menambahkan, perusahaan sangat memperhatikan sektor ini karena menjanjikan pada masa mendatang di tengah pelemahan ekonomi akibat krisis ekonomi global.

Meski pada kwartal pertama terjadi pelemahan ekonomi secara nasional sehingga hanya mencatat pertumbuhan ekonomi 4,7 persen, tapi Adil optimistis pada kwartal kedua akan berbalik arah seiring dengan tingginya penyerapan dana APBN berupa belanja pemerintah.

"Nanti ekonomi kreatif juga akan tumbuh pesat di kwartal kedua ini, saya optimistis serapan UMKM akan meningkat cukup signifikan dibandingkan Januari hingga April," kata dia. (Ant)

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Achmad Fauzi

Advertisement

Bagikan Artikel: