Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Psikolog: Remaja Kurang Olahraga Rentan Depresi

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Psikolog sosial Elizabeth T Santosa mengatakan remaja yang kurang berolah raga rentan terhadap depresi, padahal kegiatan olah badan itu juga bisa dimanfaatkan untuk menekan depresi.

"Sebagian besar anak yang kurang suka olah raga tidak bisa bersosialisasi dengan baik. Lebih banyak melamun dan rentan depresi," ujar Elizabeth dalam konferensi pers Bangun Generasi Bergerak bersama Coca Cola di Jakarta, Selasa.

Sebaliknya, remaja yang suka berolah raga cenderung mempunyai kemampuan sosialisasi yang baik dan kecerdasannya meningkat. "Olah raga mengeluarkan hormon Serotonin yang bisa memberikan rasa senang dan nyaman, serta hormon Endorphin yang membuat kita bahagia," jelas dia.

Selain mencegah depresi, olah raga juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan depresi. Menurut Elizabeth, jika ada remaja cenderung mengurung diri, melamun dan menangis, maka lebih diajak berolah raga. "Jadi energi besar yang dihabiskan untuk menangis bisa tersalurkan dengan berolah raga." Setiap hari, idealnya anak-anak dan remaja berolah raga selama satu jam dalam sehari.

Tidak bugar Dokter spesial kedokteran olah raga, Dr Andi Kurniawan SpKO, mengatakan remaja di Tanah Air kurang gerak terutama di ibu kota. "Dari sampel 1.000 anak SMP dan SMA di Jakarta, ditemukan delapan dari 10 anak tidak bugar," kata Andi.

Menurut Andi, kondisi tubuh bugar mempunyai makna mampu melakukan kegiatan sehari-hari dengan penuh energi dan kewaspadaan, bahkan setelah kegiatan itu masih mempunyai cadangan untuk menikmati waktu senggang. "Tingkat kebugaran pada usia sekolah sangat penting dan dapat menentukan perkembangan tingkat kesehatan pada masa dewasa," jelas Andi.

Andi menambahkan kegiatan olah raga di sekolah tidak hanya tanggung jawab guru olah raga tetapi juga bisa diintegrasikan dengan semua mata pelajaran. Beberapa upaya agar anak mau berolah raga adalah dengan membuat jadwal, membuat suasana riang dan mengkampanyekan aktivitas fisik. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Achmad Fauzi

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: