Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Jonan: Pembangunan LRT Terlebih Dahulu di dalam Kota

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub), Ignatius Jonan, mengatakan pembangunan proyek Light Rail Transit (LRT) untuk tahap pertama akan terdiri dari dua koridor.

Menteri Jonan setelah rapat terbatas di Kantor Presiden Jakarta, Rabu (20/5/2015), mengatakan dua koridor LRT yang paling siap yakni koridor Cawang sampai Dukuh Atas, dan koridor Cawang hingga Grogol. "Jadi yang pertama dibangun di dalam kota dulu, terus belok ke Jalan Rasuna Said sampai Dukuh Atas. Dari Cawang ke Grogol dan nantinya yang dari Cawang juga dikembangkan ke selatan ke arah Bogor," katanya.

Ia mengatakan pihaknya akan bekerja sama dengan Pemprov DKI, TNI AU, dan Jasa Marga untuk pelaksanaan proyek tersebut.Pihaknya memperkirakan untuk tahap pertama jalur LRT yang akan dibangun sekitar 30-40 km untuk total jalur rencananya mencapai 100 km. "Dana (investasi) tahap pertama bisa sampai Rp30 triliun," katanya.

Proyek itu sendiri ditenggat rampung dalam tiga tahun atau sekitar 2018. Jonan menambahkan pelaksana proyek nantinya adalah PT Adhi Karya.

Sementara soal subsidi tarif, Jonan menjelaskan hal itu tidak dibahas dalam rapat terbatas dengan Presiden sore itu. "Tidak dibahas. Tapi secara komersial harga terjangkau. Masih dihitung sampai saat ini," katanya.

Dengan daya angkut mencapai 200.000 penumpang, diharapkan LRT dapat menampung sebagian beban kapasitas kereta rel listrik (KRL) yang selama ini dapat mengangkut 800.000 penumpang. Rencananya groundbreaking LRT akan dilakukan pada tahun ini. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Achmad Fauzi

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: