Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Bappenas: Naikknya 'Outlook Rating' Bisa Picu Investasi

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas mengatakan perbaikan "outlook rating" Indonesia oleh Standard and Poor's dari stabil menjadi positif, telah menggambarkan reformasi struktural Indonesia berjalan baik dan iklim investasi akan semakin menggeliat.

"Iklim investasi kita telah lebih baik dan ke depannya akan memperbesar peluang meningkatkan kegiatan investasi di Indonesia," kata Deputi Ekonomi Kementerian PPN/Bappenas, Leonard Tampubolon melalui pesan singkat kepada Antara di Jakarta, Kamis (21/5/2015).

Leonard mengatakan dengan peningkatan "outlook" ini, pandangan dunia akan semakin baik terhadap fundamental perekonomian Indonesia. Pemerintah juga akan mendapatkan kemudahan untuk memperoleh sumber-sumber pembiayaan. "Hal ini akan lebih membuka peluang bagi peningkatan investasi," katanya.

Peningkatan "outlook rating" yang diumumkan S & P's diikuti oleh menguatnya sentimen positif terhadap pasar finansial. Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada Kamis ditutup menguat 20,45 poin atau 0,39 persen menjadi 5.313,20. Sementara kelompok 45 saham unggulan atau LQ45 bergerak menguat 5,06 poin (0,55 persen) menjadi 927,39.

"Setelah sempat bergerak mendatar, menjelang penutupan perdagangan IHSG bangkit bergerak menguat menyusul peningkatan outlook peringkat utang Indonesia menjadi positif dari sebelumnya stabil oleh lembaga pemeringkat S&P," kata Kepala Riset Universal Broker Indonesia Satrio Utomo.

Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Kamis sore juga menguat sebesar 60 poin menjadi Rp13.100 dibandingkan posisi sebelumnya di posisi Rp13.160 per dolar AS.

Lazimnya, perbaikan peringkat "outlook" oleh lembaga pemeringkat internasional juga akan mendorong pandangan positif terhadap surat berharga yang dikeluarkan negara, sehingga akan berdampak positif terhadap pemenuhan pembiayaan untuk pembangunan.

Lembaga pemeringkat S&P dalam siaran persnya menyatakan peningkatan outlook Indonesia didukung oleh perbaikan kebijakan yang efektif dan "predictable", antara lain adanya perbaikan struktur anggaran untuk penciptaan ruang fiskal, peningkatan cadangan devisa dan ketahanan ekonomi terhadap tekanan eksternal.

Outlook "Positive" ini menunjukkan bahwa S&P sangat mungkin untuk menaikkan peringkat Indonesia dalam kurun waktu 12 bulan kedepan dengan syarat pemerintah mampu memenuhi janjinya untuk memperbaiki kualitas belanja. (Ant)

Baca Juga: Tegas! Bule Inggris Eks Napi Narkoba Diusir dari Bali

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Achmad Fauzi

Advertisement

Bagikan Artikel: