Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Rudiantara Ingin Budayakan Minum Jamu di Kemenkominfo

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara ingin agar kementerian yang dipimpinnya memulai budaya minum jamu demi mencapai visi untuk memopulerkan minuman tradisional tersebut di Indonesia bahkan dunia.

"Saya ingin membudayakan minum jamu di Kominfo dengan harapan semua kementerian mengikuti dan menjadi standar minuman di setiap departemen," kata Rudiantara saat memberikan sambutan dalam acara 'Senam Massal dan Minum Jamu Bersama' di lapangan tengah Komplek Kemenkominfo, Jakarta, Jumat (22/5/2015).

Rudi mengatakan untuk mencapai tujuan tersebut, harus dimulai hari ini dan dari yang terkecil dulu, untuk itu di tempat dirinya bekerja dia akan menawarkan minuman tradisional tersebut pada setiap tamu yang datang. "Mulai hari ini di tempat kerja saya, di lantai tujuh, jika ada tamu kita akan menawarkan air putih atau jamu, agar jadi standar minuman di kementerian," ujarnya.

Untuk itu, kata Rudi, pihaknya akan berupaya untuk mendukung upaya publikasi minuman tradisional ini. Karena jamu adalah warisan bangsa bukan hanya dari konsep obat atau kesehatan, tapi juga budaya. "Ya harus semangat, pasti ada publikasi, kita pasti dukung karena bagaimanapun saya anggap ini sebagai salah satu warisan Indonesia," katanya.

Ditemui di lokasi yang sama Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Bidang Industri Tradisional Berbasis Budaya Putri K. Wardhani mengapresiasi acara ini dan juga mengharapkan jamu akan berkembang sebagai minuman yang populer.

"Saya sangat apresiasi dengan acara ini dan dengan apa yang dilakukan oleh pak menteri, mudah-mudahan misi untuk mempopulerkan jamu yang kita harapkan akan terwujud," ujar dia.

Lebih lanjut, Putri mengharapkan kerja sama dari produsen dan dibantu oleh Kemekominfo agar bisa merangkul generasi muda pada umumnya dan khususnya anak usia sekolah untuk menggemari jamu agar minuman tradisional ini tetap lestari.

"Jangan sampai setelah generasi kita tidak ada, jamu juga ikut menghilang. Karenanya saya harap bapak dan ibu sekalian untuk menggunakannya setiap hari agar bisa memasyarakatkan minuman tradisional tersebut," ujarnya.

Acara tersebut dihadiri Kepala Badan POM Roy Alexander Sparinga dan Wakil Ketua Umum Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Bidang Industri Tradisional Berbasis Budaya Putri K. Wardhani.

Sementara itu, sebelumnya diinformasikan acara senam pagi dan minum jamu bersama itu dijadwalkan akan dihadiri oleh beberapa Menteri Kabinet Kerja antara lain, Menko PMK Puan Maharani, Menpora Imam Nachrowi, Mendag Rachmat Gobel dan Menperin Saleh Husein, namun kehadiran mereka digantikan oleh staff atau deputinya saja. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Achmad Fauzi

Advertisement

Bagikan Artikel: