Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pengamat: Pengembangan Industri Berbasis Ekspor Itu Penting

Warta Ekonomi -

WE Online, Manado - Pengamat Ekonomi Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado Dr Joubert Maramis mengatakan Indonesia perlu mengembangkan industri berbasis ekspor menghadapi ekonomi dunia yang tidak stabil saat ini.

"Bagi saya infrastruktur berkualitas dunia itu penting namun arah pengembangan industri berbasis ekspor dan struktur pengembangan industri yang berbasis "Knowledge Based Economy" jauh lebih penting bagi perekonomian Indonesia di masa depan," kata Joubert, di Manado, Jumat (22/5/2015).

Dia mengatakan dengan pendekatan ini maka pasti akan ada inovasi produk yang unggul di pasar dunia karena produk Indonesia akan menjadi "transetter" bukan "follower". "Kita yang menentukan harga bukan mengikuti harga. Ini harus didukung oleh kebijakan pro investor dan pro lingkungan yang sejalan dengan pro poor dan pro growth," jelasnya.

Memang benar ekonomi Indonesia memiliki tren melambat dan bahkan menurun beberapa triwulan belakangan ini, untuk meningkatkan ekspor dan produktivitas sektor sektor ekonomi kita memamg butuh kerja keras dan perencanaan yang sistematis dan konsisten.

Pemerintah memang sementara gencar-gencarnya membangun infrastruktur dan genjot ekspor. Ini sah-sah saja namun membangun ekspor Indonesia yang berdaya saing tinggi bukan hanya infrasteuktur saja namun harus sistematis dalam perencanaan jangka panjang serta didasari pada filosopi struktur ekonomi yang futuristik.

"Pertumbuhan dan perkembangan ekspor kita sangat tergantung pada kuatnya dan suatainabelnya struktur industri kita," jelasnya.

Untuk mencapai itu maka pemerintah, investor, pengusaha, akademisi, perbankan, lembaga pembiayaan, organidasi pengusaha dan buruh harus duduk satu meja. Pada level kementerian harus bekerja sama untuk membuat kebijakan yang sinkron dan menguatkan satu dengan yang lain. Jadi perlu ada refresh terhadap sttategi pengembangan ekapor di Indonesia. (Ant)

Baca Juga: Kader Gerindra Gantikan AWK Sebagai Anggota DPD RI, De Gadjah: Efektif Kawal Kebijakan dan Pembangunan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Achmad Fauzi

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: