Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kadin Siapkan 1 Miliar US Dollar untuk Pembangunan Indonesia Timur

Warta Ekonomi -

WE Online Jakarta - Percepatan pembangunan Indonesia Kawasan Timur Indonesia sudah sangat mendesak untuk dilakukan. Hal ini mengingat fakta bahwa ketimpangan antara wilayah barat Indonesia dan wilayah Indonesia timur  sangat jelas terlihat.

Namun untuk mempercepat pemerataan pembangunan wilayah timur Indonesia timur membutuhkan anggaran atau dana yang tidak sedikit.  Untuk itu Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Koordinator wilayah Indonesia Timur  berinisiatif untuk mempersiapkan satu dana investasi atau yang disebut Eastern Indonesian Development Funds (Dana Pembangunan Indonesia Timur)

"East Indonesian Development Funds ini bertujuan untuk mendukung dana investasi  bagi percepatan pembangunan Indonesia Timur. Khususnya untuk menunjang dari pada pengusaha-pengusaha nasional baik dilevel kecil hingga menengah dan juga perusahaan-perusahaan nasional yang membutuhkan dana-dana di dalam membangun proyek-proyek yang bersifat infratsruktur, energi ataupun konektivitas yang terkait dengan telekomunikasi atau aspek transportasi  dan logitsiik itu sendiri," kata Ketua Bidang Investasi ,Perbankan, dan Pengembangan Usaha Wilayah Timur Kadin, Reza V. Maspaitella dalam konfrensi pers di Menara Kadin, Jakarta, Jumat (22/5/2015).

Lebih lanjut Reza mengungkapkan bahwa dari East Indonesian Development Funds hingga saat ini dari telah terkumpul kurang lebih 1 miliar dolar Amerika Serikat untuk dipergunakan percepatan pemerataan pembangunan Indonesia wilayah timur. "1 miliar dollar AS itu merupakan gabungan dari negara-negara Eropa Barat dan dikumpulkan dalam satu lembaga di Inggris," tambahnya.

Selain dengan dana investasi, Kadin juga berinisiatif menciptakan satu kelompok usaha yang disebut Private Participation Group on East Indonesia Region dimana kelompok usaha ini akan terdiri dari perusahaan-perusahaan yang berminat untuk berpartiipasi untuk mengakselerasi percepatan pertumbuhan Indoensia bagian timur.

"Tentu kita memprioritaskan perushaan-perusahaan nasional seperti BUMN, serta swasta nasional dari segala bentuk dan juga mengundang calon-calon mitra strategis yang berasal dari beberapa negara yang kita anggap strategis yang menguntungkan bagi kita semua," jelasnya.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Achmad Fauzi

Advertisement

Bagikan Artikel: