Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Tingkatkan Daya Saing, OJK Akan Transformasikan BPD

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menilai kontribusi Bank Pembangunan Daerah (BPD) terhadap pembangunan daerah masih rendah. Selain itu juga BPD dinilai memiliki daya saing yang rendah sehingga perlu bertransformasi untuk membenahi berbagai permasalahan tersebut.

Hal itu diungkapkan Deputi Komisioner Pengawas Perbankan IV Heru Kristiyana saat menggelar konferensi pers bertajuk 'Program Transformasi BPD' di kantor OJK Soemitro Djojohadikusumo, Jakarta, Jumat (22/5/2015).

"Kontribusi BPD terhadap pembangunan daerah masih kecil, tercermin dari kredit produktif sebesar 26 persen" kata Heru kepada awak media.

Selain itu, tambah dia, BPD masih lemah di sisi tata kelola, sumber daya manusia, manajemen risiko dan infrastruktur, sehingga kondisi ini memicu peningkatan kredit bermasalah. "Daya saingnya juga masih rendah, karena produk dan mutu pelayanannya belum memadai," papar Heru.

Oleh sebab itu, menurut Heru, BPD perlu bertransformasi untuk membenahi kelemahan struktural tersebut dan memperkuat fondasi organisasi agar mampu tumbuh dan bersaing sehingga lebih berperan dalam perekonomian daerah ke depan.

"OJK dan Asosiasi Bank PembangunanDaerah (ASBANDA) telah menyusun kerangka Program Transformasi BPD yang holistik dan seimbang antara aspek bisnis, risiko dan pendukung (fondasi)," jelas dia.

Dia mengatakan, program transformasi BPD tersebut akan mengedepankan strategi pengembangan produk, pengelolaan layanan, pengembangan pemasaran, pengelolaan jaringan, pengelolaan portofolio serta penguatan likuiditas dan permodalan. "Kami berencana meluncurkan kerangka program transformasi BPD pada 26 Mei mendatang," papar Heru.

Melalui Program Transformasi ini, Heru berharap BPD akan menjadi pemimpin di daerahnya dan sebagai grup bank terbesar, terbaik dan terkuat di industri perbankan nasional.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Achmad Fauzi

Advertisement

Bagikan Artikel: