Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pemerintah Terbitkan Sukuk US$ 2 Miliar Jatuh Tempo Tahun 2025

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Pemerintah Republik Indonesia ("Pemerintah") kembali masuk ke pasar sukuk internasional melalui penerbitan Sukuk Global sebesar USS2 miliar dengan tenor 10 tahun yang akan jatuh tempo pada tahun 2025. Sukuk Global ini diterbitkan oleh Pemerintah melalui Perusahaan Penerbit SBSN Indonesia lll, sebuah badan hukum yang dibentuk oleh Pemerintah Republik lndonesia khusus untuk melakukan penerbitan SBSN.

Penerbitan Sukuk Global kali ini akan dicatatkan di Singapore Stock Exchange dan NASDAQ Dubai (dual listing). Setelmen akan dilaksanakan pada tanggal 28 Mei 2025. Sukuk Global ini diterbitkan pada harga par dengan imbalan sebesar 4,325% dan telah memperoleh peringkat Baa3 dari Moody's, BB+ dari S&P dan BBB- dari Fitch.

Penerbitan Sukuk Global ini adalah penerbitan keenam Sukuk berdenominasi Dolar Amerika Serikat dan keempat kalinya diterbitkan dalam lslamic Globol Medium Term Notes (lslamic 6MTN) Program yang telah ditingkatkan menjadi senilai USSlO miliar. Transaksi tersebut dilaksanakan sejalan dengan rencana pembiayaan pemerintah tahun 20L5, sekaligus untuk memperkokoh posisi Indonesia di pasar keuangan syariah global dan mendukung pengembangan keuangan syariah di pasar global.

Sukuk Global ini diterbitkan berdasarkan prinsip syariah dengan menggunakan struktur Wakalah dengan underlying berupa (i) Barang Milik Negara berupa tanah dan bangunan (51%) dan (ii) proyek-proyek Pemerintah (49%).

Setelah dilaksanakan roodshow ke beberapa kota pusat keuangan syariah di kawasan Asia, Timur Tengah dan Eropa, transaksi ini mendapat respon yang sangat baik dari para investor global dan menghasilkan jumlah penawaran lebih dari USS6,8 miliar dari 240 investor, sehingga lebih dari 3,4 kali oversubscribed- Meskipun kondisi pasar san1at volotile dan penuh dengan ketidakpastian, Global Sukuk ini menarik minat dari berbagai kelompok investor domestik dan internasional. Adapun distribusi investor berdasarkan wilayah adalah sebesar 41% investor Syariah dan Timur Tengah, 21% investor Amerika, 16% investor Eropa, 12% investor wilavah Asia selain Indonesia, dan !O% investor lndonesia. Berdasarkan jenis investor, pengalokasian penawaran yang diterima kepada bank adalah sebesa( 42%, fund monoger 39yo, bank sentral 15%, asuransi 2yo, dan private bonk 2o/o.

penerbitan Global Sukuk sebesar USS2 miliar ini merupakan penerbitan Global Sukuk terbesar oleh pemerintah sejak tahun 2009, dan bahkan juga merupakan penerbitan Global Sukuk dalam satu tranche lsingle-tronche/terbesar di dunia.

Joint Leod Monogers dan Bookrunners yang ditunjuk Pemerintah untuk transaksi ini adalah CIMB Investment Bank Berhad, Dubai lslamic Bank, The Hongkong and Shanghai Banking Corporation Ltd dan JP Morgan. Sedangkan Co-mdnogers untuk transaksi ini adalah National Bank of Abu Dhabi, Arab Banking Corporation, PT. Mandiri Sekuritas dan PT. Danareksa Sekuritas.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Achmad Fauzi
Editor: Achmad Fauzi

Advertisement

Bagikan Artikel: