Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Tindak lanjuti Minat Investasi Jepang, Kepala BKPM Roadshow 3 Kota

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta-Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Franky Sibarani direncanakan akan melakukan roadshow di tiga kota di Jepang, yaitu Osaka, Tokyo dan Nagoya pada 25-29 Mei 2015 mendatang. Roadshow tersebut bertujuan untuk menindaklanjuti berbagai minat investasi yang sudah dinyatakan oleh pihak Jepang, serta menjaring minat baru investor Jepang menanamkan modalnya di Indonesia.

Franky menyatakan, tindak lanjut atas berbagai minat investasi Jepang cukup penting mengingat posisinya sebagai salah satu mitra utama Indonesia di bidang investasi dan sejalan dengan upaya pemerintah mendorong investasi sebagai penopang pertumbuhan ekonomi.

"Jepang potensial untuk mendukung program peningkatan investasi mengingat selama ini rasio investasi Jepang cukup tinggi, hingga 65%. Artinya komitmen Jepang merealisasikan minat yang sudah disampaikan cukup tinggi. Ini yang perlu dikawal," jelas Franky, dalam keterangan resminya, di Jakarta, Sabtu (23/5/2015).

Menurut data BKPM, minat investasi Jepang yang sedang dikawal oleh tim pemasaran investasi BKPM untuk segera memasuki tahap pengajuan izin prinsip sebesar US$ 10,89 Miliar dari sektor kelistrikan, industri padat karya, hilirisasi pertanian, maritim, substitusi impor dan infrastruktur. Sementara minat investasi yang sudah mengajukan izin ke BKPM dan segera didorong realisasi sebesar US$ 4,9 Miliar dan Rp 38,01 Triliun.

"Jumlah tersebut termasuk minat yang disampaikan saat kunjungan Presiden Jokowi ke Jepang bulan Maret yang lalu," tambah Franky.

Dalam roadshow seminggu di Jepang, Kepala BKPM dijadwalkan akan berbicara di tiga forum bisnis. Masing-masing untuk industri elektronik, industri perkapalan, industri kimia, serta industri kendaraan bermotor dan komponen. Kepala BKPM juga direncanakan melakukan one on one meeting dengan 20 perusahaan yang sudah mengajukan izin investasi ke BKPM dan pertemuan dengan organisasi ekonomi.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Annisa Nurfitri
Editor: Annisa Nurfitri

Advertisement

Bagikan Artikel: