Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Tantangan Pimpinan KPK Semakin Kompleks

Oleh: ,

Warta Ekonomi -

WE Online Bandung– Wakil Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), Agus Santoso mengingatkan Pansel KPK, bahwa tantangan yang dihadapi pimpinan lembaga antirasuah itu semakin kompleks. Karena itu, dia berharap kandidat yang muncul benar-benar teruji.

Hal tersebut dikatakan Agus Santoso di sela-sela Diskusi Alumni ”Quo Vadis Mahkamah Konstitusi” di Fakultas Hukum Unpad Bandung, Sabtu (23/5). ”Tim Srikandi diharapkan bisa menguji sekaligus menggali kompetensi teknis yang akan dipilih. Jadi, tidak cukup hanya dengan berani, tapi figurnya memang memahami sistem hukum secara teknis,” katanya.

Dia menjelaskan, kondisi saat ini tanpa kemampuan teknis mumpuni akan berat menghadapi penjahat kerah putih yang modusnya makin canggih, punya uang besar, dan bisa menyewa siapa saja untuk membela kecurangannya.

Menurutnya, dalam dua tahun terakhir, kondisi tersebut sudah mulai dirasakan. Koruptor tak hanya mengikuti jalur hukum formal yang mengadili kasusnya, mereka mulai juga melebarkan fokus dengan melakukan gugatan melalui MK.

”Dalam dua tahun terakhir itu, koruptor tak cuma setelah ditetapkan sebagai tersangka, bersidang, melakukan banding, hingga kasasi. Tapi, mereka ada gugatan terhadap undang-undang yang menjeratnya ke MK, di antaranya judicial review UU Tindak Pidana Pencucian Uang. Pasal-pasal yang menjerat mereka digugat,” katanya.

Pihaknya berharap Tim Pansel dapat menjaring banyak kandidat yang mempunyai kapasitas dan integritas. Tokoh gerakan antikorupsi juga bisa ikut dalam seleksi itu.

Baca Juga: Pria Buleleng Diringkus usai Curi Tabung Gas-Barang Elektronik

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Boyke P. Siregar

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: