Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Timnas U23 Disarankan Tunda Berlaga di SeaGames

Warta Ekonomi -

WE Online -Jakarta Timnas Indonesia U-23 disarankan menunda keberangkatannya ke SEA Games 2015 di Singapura karena Indonesia masih dihadapkan dengan ancaman sanksi dari federasi sepak bola dunia atau FIFA.

"Saya telah menghubungi President South East Asian Games Federation dari Thailand dan disarankan untuk tidak berangkat. Jika berangkat panitia pelaksana juga akan mendapatkan sanksi," kata Ketua KOI Rita Subowo di sela konferensi pers PWI di Hotel Atlet Century Senayan, Jakarta, Minggu.

Menurut dia, tidak hanya panitia pelaksana yang telah menerima Indonesia namun  calon lawan Indonesia juga terancam mendapatkan sanksi jika tetap menjalankan pertandingan yang sebelumnya sudah dijadwalkan. Makanya, calon lawan juga enggan bertanding dengan negara yang terkena sanksi.

Persepakbolaan Indonesia saat ini masih dalam polemik. Pihak PSSI dan Kemenpora hingga saat ini masih bersitegang sehingga permasalahan ini masuk ke agenda resmi yang akan dibahas pada Kongres FIFA di Swiss, 29 Mei.

Jika kondisi persepakbolaan nasional tidak ada titik terang sebelum kongres berlangsung maka sanksi untuk Indonesia dipastikan akan turun. Dan jika terjadi maka Timnas Indonesia tidak bisa turun dikejuaraan internasional termasuk SEA Games 2015.

"Kami juga meminta keberangkatan timnas ke Singapura diundur satu atau dua hari. Minimal kita sudah tahu keputusan dari Kongres FIFA. Jika di suspend kita tidak perlu berangkat," katanya menambahkan.

Sesuai dengan rencana, Timnas Garuda Muda akan berangkat ke Singapura, Jumat (29/5). Dan pertandingan perdana Evan Dimas dan kawan-kawan yang akan dijalani melawan Myamnar, Selasa (2/6).

Sementara itu, pelatih Timnas Indonesia Aji Santoso tidak mempermasalahkan jika keberangkatan Evan Dimas dan kawan-kawan ditunda. Hanya saja dengan adanya penundaan persiapan menjelang pertandingan dinilai kurang ideal.

"Idealnya memang tanggal 28 atau 29. Kalau berangkat tanggal 31 saya kira terlalu mepet karena pemain juga butuh persiapan," katanya saat dikonfirmasi.

Pelatih asal Malang itu berharap sanksi untuk Indonesia tidak turun sehingga persiapan Timnas Garuda Muda untuk menghadapi SEA Games 2015 yang cukup panjang tidak sia-sia.

Sementara itu, Ketua PWI Pusat Margiono berharap permasalahan sepak bola Indonesia segera berakhir terutama sebelum Kongres FIFA. Untuk itu pihaknya meminta kepada Kemenpora mencabut surat sanksi administrasi (pembekuan) untuk PSSI. Sedangkan PSSI diharapkan membuka diri dan mau menerima masukan.(Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Boyke P. Siregar

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: