Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

OJK Ajak Masyarakat Makassar Manfaatkan Jasa Keuangan

Warta Ekonomi -

WE Online, Makassar - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) hari ini, Minggu (24/5/2015) menyelenggarakan Kegiatan Edukasi Keuangan melalui kegiatan Pasar Keuangan Rakyat (PKR) di Pantai Losari Makassar.

Kepala Kantor Regional 6 OJK, Bambang Kiswono dalam sambutannya mengharapkan PKR yang dilaksanakan bersama industri jasa keuangan ini bisa mengubah persepsi masyarakat tentang sulit dan mahalnya memanfaatkan sektor jasa keuangan.

"Pasar Keuangan Rakyat ini diharapkan bisa menunjukkan pada masyarakat bahwa produk dan layanan sektor jasa keuangan saat ini mudah dan murah serta bermanfaat untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat," kata Bambang.

Selain PKR, Bambang menuturkan pada tahun ini, OJK telah mencanangkan program sosialisasi untuk mendorong serta mendukung Lembaga Jasa Keuangan (LJK) dalam menyediakan Layanan Keuangan Mikro (Laku Mikro), sehingga dapat menjangkau masyarakat yang selama ini belum mendapatkan paparan informasi mengenai layanan di sektor jasa keuangan, khususnya yang berpenghasilan rendah dan UMKM.

"Laku Mikro adalah layanan terpadu yang menyediakan produk dan jasa keuangan mikro dengan proses yang sederhana dan cepat, akses yang mudah, dan harga yang terjangkau oleh masyarakat," pungkasnya.

Adapun layanan SiPINTAR yang merupakan layanan keuangan mikro terpadu terdiri dari Simpanan (TabunganKu atau tabungan sejenis), Investasi (cicilan emas mikro dan reksa dana mikro), Proteksi (asuransi mikro) dan Layanan edukasi dan konsultasi keuangan mikro.

Dalam implementasinya, Layanan SiPINTAR dapat dipasarkan melalui entry gate Bank Umum Konvensional (Tabungan Mikro, Reksadana Mikro dan Asuransi Mikro), Bank Umum Syariah (Tabungan Mikro, Asuransi Mikro, dan Emas Mikro), Pegadaian (Emas Mikro, Asuransi Mikro dan Tabungan Mikro) serta Manajer Investasi yang menjual langsung produk reksadana. Sampai dengan saat ini terdapat 12 LJK yang telah berkomitmen untuk menjadi entry gate Laku Mikro.

Laku Mikro telah diluncurkan pertama kali pada tanggal 18 Desember 2014 di Desa Karangsong, Indramayu Jawa Barat sebagai salah satu implementasi Pilar 3 Strategi Nasional Literasi Keuangan Indonesia yakni pengembangan produk dan jasa keuangan.

Dalam pelaksanaan PKR ini, kata Bambang, juga akan dilakukan peresmian Layanan Keuangan Mikro (Laku Mikro) PT. Pegadaian (Persero) dan PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk.

"Dalam penyelenggaraan Pasar Keuangan Rakyat ini, 43 pelaku usaha jasa keuangan (PUJK) ikut berpartisipasi antara lain dari Perbankan, Perusahaan Asuransi, Perusahaan Pembiayaan, Dana Pensiun, Asosiasi di sektor jasa keuangan, Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa (LAPS) dan UMKM binaan lembaga jasa keuangan," jelas dia.

Selain itu, kendaraan edukasi keuangan OJK yang bernama SiMOLEK turut meramaikan acara sebagai media baru dalam memberikan informasi mengenai sektor jasa keuangan, produk, dan layanannya.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: