Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Menkeu: Alokasi Anggaran dari Pusat ke Desa Tak Sedikit

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Menteri Keuangan Bambang PS Brodjonegoro mengungkapkan alokasi anggaran dari pemerintah pusat untuk transfer ke daerah dan dana desa tahun ini cukup besar. Menurutnya, tahun ini pemerintah mengalokasikan dana untuk transfer ke daerah dan dana desa sebesar Rp 664,6 triliun atau 35,8% dari APBNP 2015.

Dari total itu, sekitar Rp 20,8 triliun dialokasikan untuk dana desa. Jumlah ini meningkat Rp 11 triliun dari anggaran sebelumnya yang hanya mencantumkan anggaran desa Rp 9 triliun.

"Untuk anggaran 2015 hampir Rp 2.000 triliun dan sepertiganya ditransfer ke daerah atau sekitar Rp 600 triliun. Bahkan, hampir 60 persennya beredar ke daerah. Data menunjukkan pemerintah pusat sedikitnya menyediakan dana sebesar Rp 250 juta bagi tiap desa yang ada di Indonesia," kata dia saat diskusi Forum Senator untuk Rakyat di Bakoel Koffie Cikini, Jakarta Pusat, Minggu (24/5/2015).

Namun, besarnya alokasi anggaran dari pemerintah pusat untuk daerah tidak serta-merta juga membuat beberapa daerah  berfokus terhadap pembangunan daerahnya terutama membangun kesejahteraan masyarakatnya.

"Pokoknya kalau dana desa harus dalam bentuk project, misalnya mau bangun jalan nah pengerjaan jalannya harus dari masyarakat desa sendiri ini sistemnya seperti swadaya," pungkasnya.

Dia mengungkapkan khusus pemerintahan Jokowi sangat konsen terhadap pembangunan di daerah sebagai program kerjanya, yaitu membangun Indonesia dari daerah. "Presiden dalam rapat-rapat kabinet selalu berbicara prioritas pembangunan daerah baik pemerintah daerahnya maupun masyarakatnya," ungkap dia.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: