Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

OJK Gandeng BNI dan BNP2TKI Edukasi TKI di Tokyo

Warta Ekonomi -

WE Online, Tokyo - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk kembali menjadi perbankan yang digandeng oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam melakukan Edukasi Keuangan bagi para Tenaga  Kerja Indonesia (TKI) dengan mengusung tema bertajuk ?Perencanaan Keuangan dan Kewirausahaan Bagi TKI" kepada 250 TKI asal kota Tokyo dan sekitarnya. Sebelumnya acara serupa telah dilaksanakan pada Minggu, 17 Mei 2015 di Taipei.

Kegiatan Perencanaan Keuangan dan Kewirausahaan di Tokyo dihadiri oleh Deputi Komisioner Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK, Sri Rahayu Widodo, Kepala BNP2TKI, Nusron Wahid dan General Manager BNI Tokyo, Afien Yuni Yahya. Rangkaian acara ini merupakan implementasi cetak biru Strategi Nasional Literasi Keuangan Indonesia (SNLKI) tahun 2015, khususnya Pilar Pertama yaitu Edukasi dan Kampanye Nasional Literasi Keuangan.

Corporate Secretary BNI Tribuana Tunggadewi mengatakan, ajang khusus di Tokyo ini bertujuan untuk memperkenalkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Lembaga Jasa Keuangan (LJK), serta produk dan jasa keuangan sesuai kebutuhan di bidang perbankan, perasuransian, lembaga pembiayaan, dana pensiun, pasar modal, dan pergadaian, seperti memanfaatkan jasa remitensi perbankan. 

Saat ini, ekonomi Jepang bergerak dibidang Industri manufaktur yang merupakan kekuatan negara Jepang. Produk industri Jepang telah tersebar ke berbagai pelosok dunia. Banyaknya industri potensial di negeri Sakura ini membuka lapangan pekerjaan untuk warga negara asing untuk bekerja di Jepang, tak terkecuali TKI.

Seiring dengan bertambahnya jumlah penempatan TKI di Jepang, berdampak juga pada transaksi Remittance dari Jepang ke Indonesia melalui BNI. Peningkatan jumlah kiriman uang di tahun 2013 sebesar Rp. 3 Triliun menjadi Rp. 4,6 Triliun di tahun 2014 diiringi dengan peningkatan Fee Based Income sebesar 54%. Dengan dukungan 2 Cabang di Jepang yaitu di Tokyo dan Sub Branch Osaka, BNI akan terus membantu TKI dalam melakukan remitansi ke Indonesia.

Dalam rangka memenuhi kebutuhan TKI di Jepang, BNI memberikan kemudahan dalam layanan kiriman uang ke Indonesia. BNI menawarkan 3 sarana yaitu transfer melalui BNI Tokyo (Direct Transfer), transfer melalui Kantor Pos di Jepang (Genkin Kakitome) dan Express Transfer. Khusus Express Transfer pengirim di Jepang dapat melakukan kiriman melalui ATM dan Internet Banking Bank di Jepang serta transfer

"BNI berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan perbankan TKI di Jepang. Dengan sistem dan pelayanan prima kami harapkan BNI menjadi sahabat TKI yang baik di Jepang " tegas Afien Juni Yahya, General Manager BNI Tokyo.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Achmad Fauzi
Editor: Achmad Fauzi

Advertisement

Bagikan Artikel: