Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kemendikbud: Sekolah Harus Jadi 'Taman' yang Menyenangkan bagi Siswa

Warta Ekonomi -

WE Online, Medan - Sekolah harus mampu menyediakan pembelajaran yang bermutu dan bisa menjadi "taman" yang menyenangkan bagi siswa dengan sistem pembelajaran aktif yang mampu menggali semua potensi siswa secara maksimal.

Staf Khusus Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan, Agnes Tuti Rumiati di Medan, Senin (25/5/2015), mengatakan, pembelajaran yang diterapkan sebuah sekolah harus mampu menyenangkan bagi siswa.

"Sekolah yang bermutu pasti seperti 'taman' karena gurunya senang, siswanya senang, dan orang tuanya juga senang," katanya pada road show penjaminan mutu pendidikan di Digital Library Universitas Negeri Medan.

Ia mengatakan, pihaknya saat ini tengah berusaha mempercepat peningkatkan mutu pendidikan di Indonesia, sehingga dengan demikian kualitas pendidikan juga merata antarsatu daerah dengan daerah lainnya. Percepatan itu dilakukan dengan mendorong sekolah memiliki budaya bermutu diantaranya mendorong sekolah-sekolah mampu mengembangkan diri secara mandiri (self improvement).

"Self improvement harus menjadi kebutuhan kepala sekolah dan guru. Pada awalnya itu bisa dilakukan dengan meniru sekolah-sekolah yang sudah lebih baik. Contohnya dengan meniru sekolah yang dikembangkan USAID Prioritas," katanya.

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Peningkatan Mutu Pendidikan (BPSDM-PMP) Kemedikbud, Prof Syawal Gultom mengatakan perlunya kerja sama segi tiga antara Lembaga Pendidik Tenaga Kependidikan (LPTK), Lembaga Peningkatan Mutu Pendidikan (LPMP), dan pemerintah daerah guna meningkatkan mutu pendidikan.

Selama ini, ketiga unsur terkesan berjalan sendiri-sendiri, padahal ketiga lembaga tersebut bisa saling melengkapi dan saling memperkuat. "Langkah awal bisa digagas dengan rapat koordinasi bersama antarketiga lembaga," katanya. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Achmad Fauzi

Advertisement

Bagikan Artikel: