Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Askopindo: Pemberian NIK Bisa Perbaiki Citra Koperasi

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Asosiasi Koperasi Simpan Pinjam Indonesia (Askopindo) mendukung upaya pemerintah untuk mendata dan menertibkan koperasi yang hanya tinggal papan namanya melalui pemberian Nomor Induk Koperasi (NIK) bagi koperasi aktif.

"Pemberian sertifikat NIK ini justru sangat menguntungkan bagi koperasi-koperasi aktif yang setia menjalankan prinsip-prinsip koperasi," kata Ketua Bidang Usaha Askopindo Iwan Setiawan di Jakarta, Selasa (26/5/2015).

Ia mengatakan pihaknya mendukung pemberian sertifikat NIK bagi koperasi-koperasi aktif, meskipun dalam praktiknya harus menjalani seleksi atau memenuhi persyaratan terlebih dahulu. Iwan justru menilai semakin ketat syaratnya semakin baik bagi koperasi.

"Upaya ini baik bagi koperasi karena bisa memperbaiki citra koperasi yang selama ini banyak tercoreng ulah oknum yang menyalahgunakan nama koperasi tak aktif," ucapnya.

Dengan adanya NIK, pihaknya berharap akan lebih mudah bagi pemerintah untuk memantau dan mengontrol koperasi-koperasi tidak aktif yang rawan diselewengkan. Ia mengakui selama ini banyak koperasi papan nama yang disalahgunakan untuk kepentingan penggalangan dana masyarakat melalui program investasi bodong yang akibatnya merugikan koperasi sejati.

Askopindo sendiri mengaku beberapa anggotanya sempat menjadi korban, karena dianggap sebagai koperasi yang menawarkan investasi bodong padahal hal itu sama sekali tidak benar. "Oleh karena itulah kami siap mendukung program sertifikat NIK bagi koperasi aktif. Anggota kami semua siap," tukasnya. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Achmad Fauzi

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: