Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Temuan Uang Palsu di Sulut Turun

Warta Ekonomi -

WE Online, Manado - Bank Indonesia Perwakilan Sulawesi Utara(Sulut) menyatakan temuan uang palsu di provinsi tersebut mengalami penurunan sebesar 25,5 persen pada kuartal pertama tahun 2015 jika dibandingkan dengan kuartal yang sama tahun lalu.

"Kuartal pertama 2015 terdapat 111 lembar uang palsu terdiri 86 lembar pecahan Rp100 ribu dan 25 lembar pecahan Rp50 ribu," kata Deputi BI Perwakilan Sulut, Yusnang di Manado, Selasa (26/5/2015).

Dia mengatakan kondisi ini relatif lebih baik jika dibandingkan dengan kuartal yang sama tahun lalu ketika itu mencapai 149 lembar. Sementara jika dibandingkan dengan kuartal sebelumnya tercatat adanya uang palsu sebanyak 213 lembar yang ditemukan di Sulut.

Untuk itu, katanya, pihaknya sebagai otoritas yang berwenang terkait sistem pembayaran di Indonesia terus berperan aktif untuk mengendalikan peredaran uang palsu. Salah satunya, dengan melakukan sosialisasi keaslian mata uang Rupiah.

Dia juga berharap masyarakat lebih waspada dan peka dalam mengenali keaslian mata uang Rupiah. Selain itu, pihaknya juga menyarankan agar masyarakat bisa mendorong pemanfaatan transaksi nontunai. "Kami juga bekerja sama dengan pihak berwajib untuk penanganan kasus peredaran uang palsu," ujarnya.

Yusnang mewaspadai peredaran uang palsu dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) secara serentak pada 2015. Meski dari sisi historis memang tidak ada peningkatan peredaran uang palsu selama Pilkada. "Namun, tetap perlu diwaspadai," katanya.

Dia mengungkapkan pihaknya akan meningkatkan pencegahan peredaran uang palsu menjelang Pilkada yang akan dilakukan di beberapa kabupaten dan kota di Sulawesi Utara. (Ant)

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: