Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Castrol EDGE Ciptakan 'Driving Challenge' Pertama di Dunia

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Castrol EDGE baru saja meluncurkan Titanium Trial Driving Challenge terbarunya, yang menghadirkan pembalap Formula Drift profesional Matt Powers yang mengendarai Roush Stage 3 Mustang ketika mengenakan headsetcanggih Oculus Rift Development Kit 2: Powers tidak dapat melihat dunia nyata di sekitarnya, namun terbawa kedalamm dunia virtual 3D yang berubah-ubah dengan sangat cepat.

Untuk pertama kalinya di dunia, Castrol EDGE memadukan teknologi video gamesdan pengalaman mengemudi secara langsung dan nyata, menggunakan mobil modifikasi dan teknologi virtual reality yang membuat dunia bentukan komputer tersebut merespon gerakan pengemudi dan mobilnya secara real time.

https://youtube.com/watch?v=wmZG50zltn4

Pengalaman seperti dalam video game tersebut menyuguhkan pemandangan menakjubkan seperti batu-batu besar berjatuhan, trek yang runtuh, terowongan, tebing yang curam, bahkan penampilan bintang tamu pembalap yang dikenal lainnya – dengan bergeraknya tampilan seiring dengan maneuver mengemudi dari Matt Powers.

Tantangan ini merupakan bagian dari Castrol EDGE Titanium Trials, sebuah rangkaian tantangan mengemudi bertenaga tinggi yang membawa manusia dan mesin bersama-sama mendorong batas dari performa maksimal yang dimungkinkan terjadi oleh Castrol EDGE dengan Titanium FSTTM – oli Castrol dengan teknologi terkuat dan tercanggih saat ini.

Setelah menjalani VIRTUAL DRIFT Trial, Matt Powers menyatakan, "Virtual Drift sangat menantang dan memacu adrenalin dengan cara yang belum pernah saya rasakan sebelumnya. Sangat menakjubkan bagi saya karena tidak hanya terlibat dan mencoba generasi terbaru dari teknologi gaming, tetapi juga atas kemungkinan yang terbuka balap motor ke depannya! Saya harus mengandalkan insting dan mobil untuk beraksi, dengan kekuatan dari Castrol EDGE pada mesin untuk meyakinkan saya bahwa mobil saya dapat mencapai kekuatan maksimum," katanya.

Serupa dengan Titanium Strong Blackout (Titanium Trial pertama), trek ini didesain untuk mendorong Matt Powers dan Mustang-nya mencapai kekuatan maksimum. Tantangan ini mampu dilampaui berkat Castrol EDGE, yang membuat Powers mampu meningkatkan dan mendorong kemampuannya hingga menjadi sekuat Titanium.

Castrol EDGE dan ahli teknologi kreatif, Adam Amaral dan Glenn Snyder, berhasil mengembangkan teknologi baru yang mendukung uji coba tersebut. Dengan menggali data dari diagnosa internal mobil (OBD2) dan sistem pelacakan posisi eksterior (GPS dan pengukuran inersia), tim akhirnya berhasil melakukan sinkronisasi data dengan helm Oculus Rift DK2 milik Power. Hasilnya, dari sebelumnya hanya dialami ketika duduk kini berubah menjadi bisa dialami secara mobile dalam kendaraan yang bergerak. Untuk pertama kalinya, tim berhasil ‘mengubah’ mobil sungguhan menjadi game controllerraksasa, memungkinkan Powers merasakan dunia virtual melalui helm ketika dia berkendara sepanjang trek.

Setiap detil, mulai dari arah roda kemudi, putaran roda, hingga redaman dinamis dan posisi throttle dipantau, sehingga memungkinkan Castrol EDGE mensimulasikan kendaraan dengan tingkat akurasi hampir sempurna di dunia virtual. Dengan Oculus Rift DK2 yang melakukan update 75 kali per detik, teknologi yang baru dibutuhkan untuk menyamai atau melampaui tingkat tersebut agar memberikan kepada Power pengalaman berkendara yang mulus. Keahlian dan fokus terhadap detil terkecillah yang membantu merealisasikan Trial ini.

Baca Juga: Tegas! Bule Inggris Eks Napi Narkoba Diusir dari Bali

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Achmad Fauzi
Editor: Achmad Fauzi

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: