Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

RRI Kerja Sama dengan AIBD Perluas Jangkauan Siaran ke Mancanegara

Warta Ekonomi -

WE Online, Kuala Lumpur - Radio Republik Indonesia (RRI) terus memperkuat penyiarannya ke mancanegara melalui serangkaian kerja sama dengan lembaga penyiaran di banyak negara yang tergabung dalam Asia-Pacific Institute for Broadcasting Development (AIBD).

"Dengan bergabung dalam AIBD, informasi tentang Indonesia semakin banyak yang diketahui oleh para pendengar di seluruh dunia," kata Direktur Utama Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI), yang juga merupakan President of AIBD General Conference, Rosarita Niken Widiastuti di Kuala Lumpur, Malaysia, Rabu (27/5/2015).

Dijelaskannya, AIBD memiliki 500 anggota dari 70 negara Asia Pasifik dan sejumlah negara dari kawasan lainnya. Saat ini, Indonesia terpilih menjadi presiden AIBD dan sudah dua periode ini, Rosarita Niken Widiastuti dipercayai sebagai ketuanya.

Niken menjelaskan, melalui AIBD, terutama ketika menjadi pembicara di sejumlah forum yang diselenggarakan lembaga yang berdiri sejak 1977 itu, dunia semakin tahu tentang Indonesia terutama banyak informasi positif yang juga bisa diketahui oleh pemirsa di mancanegara.

"Melalui forum ini, kita bisa melakukan soft diplomasi, diplomasi lini kedua, bahwa Indonesia masih banyak hal positif yang perlu diketahui para pendengar mancanegara," ucapnya.

Radio Republik Indonesia (RRI) kini semakin mudah diakses oleh pendengarnya di seluruh dunia. Dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informatika (TI), siarannya sudah bisa diakses melalui Android. "RRI juga bisa didengarkan di seluruh dunia dengan Android," katanya.

Niken menjelaskan ada 170 lebih pilihan siaran RRI diseluruh Indonesia seperti di Boven Digul, Ende, Entikong hingga di kota-kota besar.

RRI juga punya saluran khusus musik klasik, keroncong, jazz dan lainnya. Bahkan kini, RRI juga punya radio picture atau radio bergambar seperti televisi. "Kita punya lima saluran radio bergambar. Itu bisa diakses dengan mudah, " ucapnya.

Selain itu, RRI juga punya komunitas pendengar yang luar biasa di luar negeri seperti para Tenaga Kerja Indonesia (TKI), Persatuan Pelajar Indonesia (PPI), Ikatan Ilmuwan Indonesia Internasional (I4). "Komunitas tersebut sudah bekerja sama dengan RRI. Selain mengisi siaran seminggu sekali, mereka juga senantiasa mendengarkan berita-berita mengenai Tanah Air yang disiarkan oleh RRI," ucapnya. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Achmad Fauzi

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: