Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

DBS: Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi 5,4 Persen Sedikit Ketinggian

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Ekonom Development Bank of Singapore (DBS) Group Research Gundy Cahyadi mengatakan proyeksi Bank Indonesia mengenai pertumbuhan ekonomi 2015 sebesar 5,4-5,8 persen merupakan prediksi yang optimistis mengingat terjadinya perlambatan ekonomi baik dalam negeri maupun global.

"Jadi, 5,4 persen mungkin agak sedikit ketinggian mengingat karena 'performance' (pertumbuhan) kuartal pertama kelihatan bahwa angkanya menurun," katanya dalam diskusi "Analisis India vs Indonesia sejak Taper Tantrums 2013", Resto Penangbistro, Jakarta, Rabu (27/5/2015).

Ia mengatakan sulit mencapai pertumbuhan ekonomi sebesar 5,4 persen karena pertumbuhan konsumsi sudah cukup melambat, pertumbuhan investor belum cukup meningkat dan pertumbuhan ekspor masih stagnan. "Gambarannya tidak akan begitu berbeda," ujarnya.

Oleh karena itu, ia mengatakan DBS memprediksikan pertumbuhan ekonomi Indonesia sepanjang 2015 sebesar 5,1 persen. Untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia maka pemerintah perlu mendorong penyerapan anggaran yang lebih optimal.

Sebelumnya, Bank Indonesia masih memproyeksikan pertumbuhan ekonomi Indonesia sepanjang 2015 akan mendekati batas bawah perkiraan BI yakni 5,4 persen.

"Pada 2015 BI melihat (pertumbuhan) ada di tingkat bawah 5,4 persen. Jadi seandainya selama ini masih menargetkan ada di 5,4-5-8 persen, BI perkirakan di batas bawah sebetulnya. Kami akan lakukan review di Semester II/2015," kata Gubernur Bank Indonesia Agus D.W. Martowardojo, Jakarta.

Pada tiga bulan pertama 2015, pertumbuhan ekonomi memang tumbuh melambat dibandingkan triwulan-triwulan sebelumnya yakni hanya 4,71 persen. Sedangkan pada 2015, target pemerintah untuk pertumbuhan ekonomi, sesuai draf rancangan APBN-Perubahan 2015 adalah 5,7 persen. (Ant)

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Achmad Fauzi

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: