Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Mentan Tegaskan Persediaan Beras Cukup Aman

Warta Ekonomi -

WE Online, Manado - Menteri Pertanian RI, Andi Amran Sulaiman mengatakan, persediaan beras di Indonesia cukup aman dalam beberapa bulan ke depan, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir.

"Saat ini stok beras di tanah air cukup aman, dan mampu memenuhi kebutuhan masyarakat di Indonesia," kata Andi, saat kunjungan kerja mendampingi Presiden RI Joko Widodo, di Manado Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Kamis (28/5/2015).

Menurut Mentan, baik beras maupun gabah kering panen di Indonesia saat ini cukup aman persediaannya, mengingat banyak yang diproduksi petani lokal.

"Hingga bulan September 2015, stok beras kita aman," kata Andi lagi.

Dia mengatakan, untuk menghadapi bulan suci Ramadan dan Lebaran 2015 nanti, ketersediaan beras itu akan mampu memenuhi lonjakan kebutuhan masyarakat di seluruh Indonesia.

Memang, katanya, ada rencana impor beras namun itu merupakan alternatif terakhir jika produksi dalam negeri tidak mencukupi.

"Namun sejauh ini, produksi beras di Indonesia cukup banyak dan siap dibeli pemerintah melalu Perum Bulog," katanya pula.

Masih ada 75 kabupaten di Indonesia harga beras berada di bawah harga pembelian pemerintah (HPP), sehingga pemerintah siap membeli beras tersebut, kata Mentan lagi.

Sebagian besar wilayah di Indonesia melakukan panen padi hampir setiap hari, namun memang puncaknya berada di bulan Maret dan Juni nanti, kata dia pula.

Kepala Perum Bulog Divre Sulut Yayan Suparyan menegaskan pihaknya siap membeli beras petani lokal berapa pun banyaknya dengan harga yang telah ditetapkan pemerintah, yakni Rp7.260 per kilogram (kg).

"Bulog tidak membatasi jumlah yang akan dibeli, berapa pun hasil petani kami akan beli," katanya.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan ibu negara, Iriana Widodo menghadiri Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) XII dan Hari Kesatuan Gerak (HKG) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) ke-43 yang digelar hari ini di Kabupaten Minahasa Utara Provinsi Sulut. (ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Sucipto

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: