Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Jelang Ramadan, Harga Cabai Merah Naik

Warta Ekonomi -

WE Online, Purbalingga - Harga cabai merah besar di tingkat petani melonjak akibat tingginya permintaan dari pasar menjelang bulan Ramadhan.

Dari pantauan di sentra tanaman sayur, Desa Serang, Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, Kamis (28/5/2015), harga cabai merah besar mencapai Rp20.000 per kilogram.

"Sebelumnya, harga cabai merah besar hanya sebesar Rp8.000/kg, sekarang sudah Rp20.000/kg. Kalau di pasaran mungkin sudah mencapai kisaran Rp40.000/kg," kata salah seorang petani, Sugito.

Ia memperkirakan harga cabai merah besar cenderung naik karena tingginya permintaan dari pasar menjelang bulan Ramadhan dan Lebaran 2015. Kendati demikian, dia mengakui bahwa sentra penghasil cabai tidak hanya Desa Serang tetapi juga Brebes, Kulon Progo, dan beberapa daerah di Jawa Timur yang hasilnya cukup besar.

"Kalau Serang enggak begitu besar, produksinya kecil. Apalagi saat ini, petani yang menanam cabai tidak banyak karena sempat merugi," kata dia yang juga Kepala Desa Serang.

Sebelumnya, kata dia, luasan tanaman cabai di Desa Serang bisa mencapai 30 hektare namun sekarang hanya berkisar 15-20 hektare. Selain cabai merah besar, lanjut dia, harga wortel juga mengalami kenaikan, yakni dari Rp1.500/kg menjadi Rp3.500/kg.

"Komoditas pertanian lainnya relatif stabil seperti kol masih bertahan di kisaran Rp2.000-Rp2.500/kg. Bahkan, harga daun sawi hijau turun dari Rp2.500/kg menjadi Rp1.000/kg," katanya.

Sugito mengatakan bahwa harga stroberi tetap stabil karena tidak terpengaruh oleh pasar. Dalam hal ini, kata dia, harga stroberi kualitas bagus untuk wisatawan yang memetik sendiri di kebun sebesar Rp35.000/kg sedangkan stroberi kualitas campuran yang dijual di pasar sebesar Rp30.000/kg. (Ant)

Baca Juga: Kader Gerindra Gantikan AWK Sebagai Anggota DPD RI, De Gadjah: Efektif Kawal Kebijakan dan Pembangunan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: