Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Indofood Dukung Program Pemerintah Kembangkan Hasil Laut

Warta Ekonomi -

WE Online, Semarang - PT Indofood Sukses Makmur Tbk mendukung program Pemerintah dalam mengembangkan hasil laut melalui penyaluran dana untuk kegiatan penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa.

"Program ini merupakan perwujudan tanggung jawab sosial perusahaan dalam hal membangun generasi muda yang berkualitas," kata Direktur Indofood Franciscus Welirang pada acara sosialisasi kepada mahasiswa di Universitas Diponegoro Semarang, Kamis (28/5/2015).

Menurutnya, kegiatan tersebut dikemas dalam program Indofood Riset Nugraha (IRN). Untuk periode 2015-2016, pihaknya mengambil tema mencedaskan bangsa melalui penganekaragaman pangan berbasis sumber daya laut dan darat.

"Kami melihat bahwa salah satu fokus program Pemerintah adalah di bidang pangan. Oleh karena itu, kami juga berupaya mengambil peran dalam menggali potensi pangan berbasis kelautan," katanya.

Pihaknya berharap agar semakin banyak mahasiswa khususnya strata satu tertarik untuk mengikuti program IRN tersebut. Dengan demikian, akan semakin banyak pihak yang terlibat untuk menyukseskan program Pemerintah.

Sementara itu, Ketua Tim IRN FG Winarno mengatakan tema mengenai potensi pangan berbasis sumber daya laut secara khusus diangkat mengingat luasnya lautan di Indonesia yang mencapai sekitar 70 persen. "Menurut data dari Kementerian Kelautan dan Perikanan, kita memiliki 8.500 spesies ikan, 550 spesies rumput laut, dan 950 spesies biota terumbu karang. Ini harus dimanfaatkan dengan baik dan secara bijaksana," katanya.

Menurutnya, peluang pengembangan dan pengolahan pangan yang bersumber dari laut masih terbuka lebar salah satunya untuk komoditas ikan. Oleh karena itu, pihaknya berharap melalui IRN akan tercipta penelitian-penelitian unggul demi menghasilkan produk pangan bergizi, higienis, dan mudah diaplikasikan oleh masyarakat.

"Selama ini banyak mahasiswa yang ingin melakukan penelitian namun terkendala oleh biaya. Oleh karena itu, Indofood sangat berperan terhadap keberhasilan penelitian ini," katanya.

Tahap sosialisasi program dilaksanakan di tiga kota yakni Semarang, Banjarmasin, dan Padang, sedangkan pendaftaran proposal penelitian dilaksanakan pada 28 Mei-27 Juni. (Ant)

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: