Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Bayer Perluas Fasilitas Produksi Farmasi di Cimanggis

Warta Ekonomi -

WE Online, Cimanggis - PT Bayer Indonesia hari ini mengumumkan komitmennya untuk terus mendukung perkembangan industri farmasi di Indonesia, melalui peresmian fasilitas produksi baru di pabrik Bayer HealthCare berlokasi di kawasan Cimanggis, Depok, Jawa Barat. Peresmian hari ini dihadiri pula oleh Menteri Perindustrian Saleh Husin, Deputy Head of Mission Kedutaan Besar Jerman untuk Indonesia Thorsten Hutter, Presiden Direktur PT Bayer Indonesia Ashraf Al-Ouf.

Perluasan pabrik ini merupakan bagian dari investasi senilai EUR 8,1 juta, yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan kapasitas produksi pabrik secara keseluruhan guna mengekspor produk-produk kesehatan ke 20 negara tahun ini, dan banyak negara lagi pada tahun-tahun mendatang.

Investasi yang ditanamkan oleh Bayer untuk pengembangan fasilitas produksi di Cimanggis ini sejalan  dengan  upaya  Kementerian  Perindustrian  dalam  upaya  memperkuat  sektor  industri secara umum di Indonesia pada tahun 2015. Berdasarkan data Kementerian Perindustrian, sektor industri yang saat ini memperlihatkan adanya peningkatan pertumbuhan pada triwulan I adalah sektor industri kimia, farmasi, dan obat tradisional dengan pertumbuhan mencapai 9,05%1.

Dalam sambutannya, Menteri Perindustrian Saleh Husin mengatakan, "Pada tahun 2014, nilai ekspor produk farmasi nasional mencapai US$ 532 Juta, tumbuh 16,98% dari tahun 2013 yang sebesar US$ 455 Juta. Meskipun demikian, produk farmasi di dalam negeri masih dikuasai oleh produk impor. Hal ini ditunjukkan dengan nilai impor pada tahun 2014 yang melaju lebih besar dari nilai ekspor yaitu mencapai US$ 959 Juta atau naik 6,68% dari tahun 2013 yang sebesar US$ 899 Juta. Sehingga dengan adanya perluasan Pabrik Bayer di Cimanggis ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja industri farmasi nasional, menyerap tenaga kerja, menambah devisa melalui ekspor produk farmasi, dan dapat mengurangi obat-obatan dan multivitamin impor yang beredar di dalam negeri," katanta

Menteri Perindustrian juga menambahkan bahwa pembinaan industri farmasi merupakan kerjasama lintas sektoral yang saling terintegrasi. "Dalam pembinaan industri farmasi, selain pemenuhan terhadap regulasi dari sisi kesehatan juga diperlukan fasilitasi atau pembinaan untuk menjamin standar dan kualitas produk serta pengembangan usaha. Untuk itu Kementerian Perindustrian akan memprogramkan dukungan fasilitas dalam rangka kemandirian industri farmasi," ujarnya.

Fasilitas produksi Bayer HealthCare di Cimanggis ini menggunakan teknologi produksi baik effervescent dan non-effervescent untuk mengolah produk-produk obat bebas dan multi-vitamin. Sebagai bagian dari investasi yang berkelanjutan, lini produksi dengan teknologi effervescent sedang dibangun untuk menambah volume produksi. Dalam waktu dekat, Bayer berencana untuk terus meningkatkan kapasitas produksinya di pabrik Cimanggis.

Presiden Direktur PT Bayer Indonesia, Ashraf Al-Ouf mengatakan, "Sejalan dengan visi Bayer, yaitu  ‘Bayer:  Science For  A Better  Life’, kami berkomitmen  untuk  membantu masyarakat  di seluruh dunia, termasuk Indonesia, guna mendapatkan kualitas kehidupan yang lebih baik. Kami melihat Indonesia sebagai pasar yang penting sekaligus lokasi fasilitas utama untuk mengekspor produk-produk kami dengan merek global ternama, ke beberapa negara di seluruh dunia," katanya.

"Untuk setiap negara yang telah menyetujui dan menerima produk-produk impor untuk pasar lokal mereka dari pabrik Cimanggis, produk-produk tersebut telah melalui proses audit dan perijinan khusus dari badan pemerintah yang mengawasi obat-obatan dan makanan di negara tersebut. Beberapa negara memiliki peraturan yang sangat ketat di dunia dalam hal penerimaan produk- produk farmasi. Secara fakta bahwa Bayer berhasil untuk melakukan ekspor ke 20 negara tahun ini, serta banyak lagi negara di masa mendatang membuktikan tingginya tingkat kualitas fasilitas produksi Bayer, serta profesionalitas tenaga kerja yang bekerja di pabrik ini,"ujarnya

“Kami sangat bangga akan investasi serta kinerja operasional dari pabrik Cimanggis. Kami juga sangat senang mendengar komitmen dari Menteri Perindustrian bahwa pemerintah Indonesia berkomitmen untuk melanjutkan kolaborasi strategis guna menciptakan iklim investasi yang baikdi Indonesia," tutupnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Achmad Fauzi
Editor: Achmad Fauzi

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: