Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Megawati: Pindahkan Saja Ibukota Negara ke Kalteng

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menilai wacana pemindahan ibukota negara Indonesia dari Jakarta ke Kalimantan Tengah adalah pilihan tepat.

"Ibukota negara Indonesia di masa mendatang di Palangka Raya, Kalimantan Tengah, menurut saya cocok karena secara geografis berada di daratan dan jauh dari pantai," kata Megawati Soekarnoputri pada acara Presidential Lecture di Gedung Lembaga Ketahanan Nasional, Jakarta, Kamis (28/5/2015).

Menurut Megawati, Kota Jakarta berada di dekat pantai dan kondisinya makin memprihatinkan dari tahun ke tahun. Penduduk Jakarta, kata dia, semakin padat, dan setiap musim hujan selalu terjadi banjir. Selain itu, tambah Mega, permukaan laut terus meningkat secara bertahap, sehingga jika ibukota negara Indonesia tetap berada di Jakarta, bukan tidak mungkin suatu saat akan tergenang air laut.

Megawati menjelaskan, wacana pemindahan ibukota negara ke Kalimantan Tengah, pernah dilontarkan oleh Presiden Pertama Indonesia, Soekarno.

"Kalimantan Tengah yang berada di tengah wilayah Indonesia dan dekat garis khatulistiwa, sehingga cokok jadi ibukota negara," katanya.

Pada kesempatan tersebut, Megawati meminta Gubernur Kalimantan Tengah Agustin Teras Narang, yang hadir dalam acara itu, mengingatkan masyarakat bahwa Kalimantan Tengah cocok menjadi ibukota negara. Wacana pemindahan ibukota negara dari Jakarta ke Palangka Raya, Kalimantan Tengah, juga pernah ramai dibicarakan pada era pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. (Ant)

Baca Juga: Kader Gerindra Gantikan AWK Sebagai Anggota DPD RI, De Gadjah: Efektif Kawal Kebijakan dan Pembangunan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: